New Mega Pro Pakai Roda 17 Inci, Lebih Lincah Lebih Banyak Pilihan

Editor - Senin, 11 Oktober 2010 | 10:23 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET – Pasti banyak yang enggak sadar kalau diameter roda Honda New Mega Pro berubah, dari diameter 18 inci menjadi 17 inci. Padahal secara kasat mata tak terlihat ada banyak perubahan dimensinya. Apa keuntungannya ya? Ayo kita tanya langsung pada pihak PT Astra Honda Motor (AHM) dan para rider yang ikut turing Jakarta-Bromo (1-4/10) awal bulan lalu.

Padahal  lingkar roda berdiameter besar diyakini lebih nyaman, diameter 18 inci umumnya dianggap lebih nyaman dari 17 inci. Saat melibas lobang, roda dengan diameter lebih besar tidak mudah terperosok dila dibandingkan dengan roda berdiameter kecil. Apa benar begitu? “Secara kenyamanan pastinya tidak akan jauh berbeda,” buka Endro Sutarno, Technical Training Department, Technical Service Division PT AHM. 

Kenyamanan yang tak jauh berbeda ini bisa jadi karena diameter luar roda (diukur dari bagian tapak ban) tidak jauh berbeda, New Mega Pro meski menggunakan lingkar roda 17 inci, tapi ban standar yang dipakainya memiliki ukuran lebih besar dari versi pendahulunya.

“Dan yang pasti dengan diameter roda lebih kecil harapannya manuver New Mega Pro jadi lebih lincah,” lanjut Endro. Untuk yang ini juga diakui oleh beberapa rider, salah satunya Ginanjar dari Honda Mega Pro Club (HMPC) Indonesia Chapter Semarang, “Riding position nya memang mirip yang lama, tapi New Mega Pro rasanya lebih lincah,” ungkap pecinta turing ini.

“Satu lagi keunggulan lingkar roda 17 inci. Kalau mau ganti ban pilihannya lebih banyak.  Ukurannya variatif, modelnya juga bermacam-macam,” aku Doni, rider dari Mega Pro Associaton Surabaya (MAPRAS) yang mengaku berniat meng-upgrade tunggangannya, dari Mega Pro lama ke New New Mega Pro.  “Kalau ada rejeki mau banget,” ungkapnya sambil tersenyum.

Penulis/Foto:Popo