Generasi Baru Toyota Sienna Untuk Pasar MPV Amerika

Editor - Senin, 7 Desember 2009 | 09:14 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET –  Jika di Indonesia Toyota mempunyai tiga varian MPV, lain halnya di Amerika. Pabrikan terbesar di Jepang itu hanya mengandalkan Sienna untuk segmen MPV. Dan pada LA Auto Show 2009 kali ini Toyota menampilkan generasi terbaru Sienna.

Mobil yang hanya dijual di pasar Amerika Utara ini didesain oleh Toyota’s Calty Design Research. MPV ini juga memiliki platform yang sama dengan Toyota Camry generasi terakhir. Jadi wajar saja bila Sienna memiliki tampang yang agak mirip dengan sedan unggulan Toyota tersebut dari pada sebuah MPV.

Selain itu dengan memakai platform Camry, Toyota menjamin bahwa Sienna memiliki kenyamanan dan kemewahan yang setara dengan sedan tersebut.

Unsur kemewahan tak hanya terlihat di bagian eksterior saja, tapi juga berlanjut hingga bagian interior. Sepertinya Toyota ingin mengubah image Sienna dari MPV biasa menjadi MPV mewah.

Toyota juga memperhatikan unsur keprakstisan pada interiornya. Ini bisa dilihat dari penempatan tombol-tombol pengoperasian yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Selain itu juga penempatan transmisi otomatis 6-percepatan di sebelah kanan setir semakin menambah poin keprakstisan Sienna.

MPV ini juga memiliki interior yang lega dengan legroom serta headroom yang berlimpah dan mampu menampung tujuh atau bahkan delapan orang sekaligus tanpa berdesak-desakan.

Sementara itu untuk sektor mesin Toyota menawarkan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin yang dicomot dari Toyota Venza berkapasias 2,700cc dengan konfigurasi 4 silinder mampu menyemburkan tenaga 187 hp. Pilihan terahir adalah mesin V6 berkapasitas 3,500cc bertenaga 266 hp.

Rival dari Honda Odyssey ini akan mulai dijual pada Februari 2010 mendatang dengan perkiraan harga sebesar Rp. 400 jutaan (Amerika).

Penulis/Foto: Dika/Toyota