Konsumsi Daihatsu Mira e:S Terbaru Mencapai 35,2 Km/L, Ini Rahasianya

Fransiscus Rosano - Kamis, 11 Mei 2017 | 16:43 WIB

(Fransiscus Rosano - )

Jepang - Daihatsu baru saja meluncurkan Mira e:S generasi terbarunya di Jepang. Bagi yang kurang familiar, Daihatsu Mira e:S merupakan salah satu inspirasi dan memiliki dimensi yang mirip dengan LCGC dari brand Jepang ini di Indonesia, Daihatsu Ayla.

Selain hadir dengan fitur canggih seperti instrument cluster full digital dan fitur keselamatan canggih dari Safety Assist III package, Daihatsu Mira e:S juga memiliki konsumsi bahan bakar yang luar biasa irit.

(BACA JUGA: Daihatsu Mira e:S Terbaru Diluncurkan dengan Fitur Super-Lengkap)

Klaim pabrikan menggunakan metode tes JC08 yang jadi standar tes di Jepang menyatakan konsumsi bahan bakar Mira e:S bisa mencapai 35,2 km/l. Itu, adalah untuk varian basic dengan pelek 13 inci dan penggerak roda depan.

Sementara untuk varian atasnya dengan pelek 14 inci, konsumsinya diklaim dapat mencapai 34,2 km/l. Sedangkan dengan penggerak AWD (All-Wheel Drive), konsumsi bahan bakarnya dipatok di 32,2 km/l.

Rahasianya? Banyak!

Bobot keseluruhan berkurang 80 kg dibanding generasi sebelumnya

Awalnya, platform baru Daihatsu Mira e:S ini dibuat lebih ringan dan lebih kaku. Untuk fender depan, pintu bagasi dan tangki bahan bakar dibuat dari bahan resin agar menjadi lebih ringan.

Efeknya, Daihatsu Mira e:S berhasil menjalani diet sebanyak 80 kg hingga beratnya hanya 650 kg sekarang, sementara yang AWD 720 kg.

Eksterior baru dengan bentuk yang lebih tajam dan kaku juga secara keseluruhan membuat resistansi udaranya berkurang 3 persen.

Mesin KF-VE menerima banyak improvement

Kemudian perubahan besar juga ada di bawah kap mesinnya. Masih menggunakan jantung mekanis KF-VE tiga silinder segaris 658 cc dengan DVVT seperti sebelumnya, namun tenaganya dikurangi 3 dk menjadi 48 dk di 6.800 rpm dan torsinya turun 3 Nm jadi 57 Nm di 5.200 rpm.