Ragam Peredam Kabin, Ngumpet Tapi Bikin Nyaman

Otomotif R4 - Rabu, 31 Mei 2017 | 12:48 WIB

(Otomotif R4 - )

Trik ampuh bikin mobil kesayangan lebih nyaman, walau barangnya enggak terlihat 

Jakarta - Rasanya, dari sekian banyak mobil yang telah dites dan diuji OTOMOTIF. Varian dengan rentang harga ‘terjangkau’,setidaknya butuh sedikit tambahan upgrade supaya terasa lebih nyaman. Minimal ya peredam ekstra. 

Sebab, coba saja rasakan minimal ketika ingin akselerasi penuh atau saat injak pedal gas lebih dalam. Umumnya suara mesin langsung sangat terdengar di kabin. Pun ketika cruising di jalan yang bebas hambatan, apalagi kalau ada kerikil dari jalan. Pasti terdengar banget tuh suara pantulannya. 

Nah, kalau sambangi installer audio pasti sebagian besar punya barangnya nih. Walau, bukan tak mungkin pemain nati-karat model semprot yang tenar lebih dulu, juga punya cara ampuh untuk meningkatkan kenyamanan kabin. 

Sayangnya memang, upgrade peredam bisa dibilang bikin ‘sakit hati’. Sebab, barangnya ngumpet alias enggak terlihat, namun habisnya cukup banyak. Tapi enaknya, kenyamanan bakal jauh meningkat. 

Tinggal sesuaikan selera saja, bagian mana yang lebih ingin diredam. Misal ingin meredam suara gesekan ban, sebaiknya cukup melapis bagian lantai dan firewall. Sedang apabila ingin mengurangi suara dari luar, bisa lapis di pintu.

Opsi lain apabila enggak betah mendengar suara hujan yang mendera atap. Silahkan tambahkan peredam di plafon.  Apa saja yang bisa jadi pilihan, berikut sebagian di antaranya. * Rio/otomotifnet.com 

Bassindo

Bassindo 

Installer yang sudah buka gerai sejak 1991 ini akrab dengan bahan Extreme Mat untuk meredam berbagai suara gangguan dari luar. Lama malang melintang di dunia audio, Andrie Widjaja cocok dengan karakter peredam asal Amerika ini. 

Tak ingin asal pasang, Andrie menyesuaikan keinginan customer supaya hasilnya sesuai dengan bujet. “Kadang ada yang hanya ingin dilapis pintunya saja,” buka pria yang buka toko di Ruko SPBU 34-14240 Jl. Boulevard Barat Raya Blok BZ, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini

Salah satu kelebihan peredam yang terbuat dari bahan rubber jely ini adalah bobotnya yang ringan, hanya 750 gram per lembar.  Paket awalnya, Bassindo punya pilihan untuk mobil kecil seharga Rp 5,2 juta, mobil sedang seharga Rp 6,2 juta dan mobil besar seharga Rp 7,2 juta.