Jangan Beli Ban Baru Sebelum Baca 8 Panduan Pilih dan Pasang Ban Motor Ini!

Senin, 5 Juni 2017 | 11:43 WIB

Jakarta - Ban merupakan salah satu komponen motor yang cukup rutin diganti lantaran aus karena pemakaian. Apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan belanja ban? Berikut 8 panduan dari Dodiyanto, Product Development PT Gadjah Tunggal Tbk., produsen ban IRC. (Aant/Otomotifnet.com)

(Baca juga: Seberapa Cepat Akselerasi dan Top Speed All New Yamaha R15? Temukan Jawabannya Di Sini)
(Baca juga: Hasil Tes Dyno All New Yamaha R15, Torsi Flat Yang Bikin Tarikan Ngisi Terus!)

Pemilihan
1.Ukuran usahakan sama dengan standarnya agar karakter manuvernya tetap sama, jika naik ukuran sebaiknya cukup satu tingkat dan jangan dikecilkan karena akan mengurangi traksi.

2.Pola atau pattern ban usahakan sama atau mirip, karena pattern tiap ban dibuat untuk beda-beda fungsi. 

3.Ada label SNI (Standar Nasional Indonesia) yang menunjukkan ban tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan Indonesia. 

4.Ban balap tidak disarankan untuk harian, pertimbangannya cepat habis karena komponnya lebih lembut
 
Pemasangan
Tidak hanya saat belanja yang mesti diperhatikan, dalam hal pemasangan juga ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Berikut juga tips dari Dodiyanto yang hobi traktir makan-makan ini: 

1.Arah ban jangan sampai terbalik, lantaran berhubungan dengan pattern dan grip ban. Petunjuk arah ban bisa dilihat di dindingnya.

2.Bibir ban saat terpasang garisnya mesti lurus dengan pelek, tentu agar rata dan nyaman saat dinaiki. 

3.Jika pakai nitrogen sebaiknya saat isi ulang juga nitrogen. “Pakai nitrogen tekanan lebih stabil, dari tes di Sentul setelah puluhan lap hanya naik 1 psi, jika pakai udara biasa naik 2-3 psi,” terang Dodi. 

4.Tidak semua pelek racing bisa dipasangi ban tubeless. “Yang memang untuk ban tubeless ada tulisan tubeless atau MT di peleknya. Jika tak ada memang tetap bisa dipasang, namun tekanan ban sering kurang karena di peleknya tidak ada bibir khusus penjepit ban, makanya udara lebih mudah keluar,” paparnya.