Di Balik Sedan-Sedan Buas, BMW Ternyata Juga Tampilkan Mobil Listrik Di GIIAS 2017

Ario Maulana - Sabtu, 12 Agustus 2017 | 09:34 WIB

(Ario Maulana - )

TANGERANG - Keberhasilan BMW i8 yang tampil perdana di ajang GIIAS tahun lalu ternyata membuat BMW Indonesia unruk menampilkan kemajuan teknologinya.

Sesuai dengan tema "Future of Mobility" di booth-nya tahun ini di GIIAS 2017, BMW kali ini juga menampilkan model i3 94Ah REx yang mengusung sistem penggerak plug-in hybrid.

Bedanya dengan hibrida biasa, plug-in hybrid menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama, dibantu dengan mesin bensin biasa sebagai penunjang.

Pada i3, mesin utamanya adalah motor listrik BMW eDrive berkekuatan 94Ah ditunjang baterai lithium-ion dengan tingkat efisiensi mencapai 11,9 kWh/100 km.

Untuk menambah jarak tempuh, mesin bensin 2 silinder berkapasitas 647 cc  bertenaga 34 dk dan torsi 55 Nm bernama REx dipasangkan bersama motor listrik.

Kombinasi motor listrik eDrive dan REx menghasilkan tenaga total sebesar 170 dk dan torsi sebesar 250 Nm, serta daya jelajah hingga 330 km untuk satu kali charging.

Untuk desainnya, BMW i3 masuk ke dalam kategori compact city car dengan kapasitas 2 orang penumpang, sebenarnya sangat cocok untuk kota berlalu lintas padat macam Jakarta.

"Tahun ini BMW Indonesia menghadirkan varian kendaraan ramah lingkungan yang sejalan dengan visi industri otomotif Indonesia dan tentunya tema dari GIIAS 2017. BMW Indonesia juga berambisi untuk tidak hanya memperkenalkan inovasi terbaru, tapi juga secara konsisten memberikan edukasi kepada masyarakat, juga berkontribusi bagi pengembangan segmen baru di industri otomotif Indonesia dengan hadirnya i3 ini."papar Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia (11/8). (Otomotifnet.com)

Makin banyak APM yang intens intip celah pasar mobil ramah lingkungan