Adu Mesin Daihatsu All New Terios Lawan Honda BR-V, SIapa Unggul Ya?

Joni Lono Mulia - Sabtu, 25 November 2017 | 08:45 WIB

All New Terios tipe X Deluxe (Joni Lono Mulia - )

Otomotifnet.com - Daihatsu All New Terios yang meramaikan pasar Low SUV yang dirilis beberapa waktul oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ternyata kalah unggul dibandingkan Honda BR-V.

Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V sama-sama mengadopsi  mesin berkapasitas 1.500 cc, All New Terios menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104 PS (102 dk) / 6.000 rpm dan torsinya sebesar 13,9 kg.m (136 Nm) / 4.200 rpm.

BACA JUGA: Simak, Komparasi Dimensi Daihatsu All New Terios Vs Honda BR-V

Sementara, Honda BR-V mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya mencapai 120 PS  (118 dk) / 6.600 rpm, dengan torsi sebesar 145 Nm / 4.600 rpm.

Mari tengok bobot kosong kedua low SUV ini, Daihatsu  All New Terios memang lebih ringan dari BR-V dengan berat 1.195 kg.

Sedangakan Honda BR-V bobotnya mencapai 1.206 kg.

honda-indonesia.com & daihatsu.co.id
Komparasi performa Honda BR-V dan Daihatsu All New Terios

Namun secara perhitungan perbandingan rasio tenaga terhadap berat (Power To Weight Ratio/PWTR), rupanya bobot All New Terios yang lebih ringan itu belum mampu mengungguli performa BR-V.

Hasil PTWR All New Terios adalah 11,65 kg per dk, sedangkan BR-V 10,19 kg per dk.

Dengan hasil tersebut maka bicara performa mesin, Honda BR-V masih unggul tipis dibanding Daihatsu All New Terios.

BACA JUGA: Daihatsu All New Terios Ternyata Bukan Salah Satu Bagian Dari DNGA

Namun perlu diperhatikan adalah All New Terios bisa meraih peak perfomance-nya, pada rpm yang lebih rendah daripada Honda BR-V BR-V.1

Sehingga All New Terios bisa jadi lebih cocok untuk kondisi perkotaan, yang karakternya belantara lalu lintasnya dominan stop-n-go.

Selain itu, desain All New Terios yang fresh, dan ground clearance yang lebih tinggi dari BR-V, bisa menjadi kelebihan tersendiri untuk sebuah mobil dengan genre SUV. (Otomotifnet.com)