Konsultasi Otomotif: Kaki-Kaki Honda Stream Bunyi

Iday - Kamis, 27 September 2018 | 21:00 WIB

Honda Stream (Iday - )

Otomotifnet.com - Dear Bang Dhika!

Saya punya mobil Honda Stream, belakangan ini kalau lewat jalan bergelombang atau keriting, di bagian bawah depan berbunyi gluduk..gluduk..

Apa ya masalahnya? Mohon sarannya, thanks!

Dalius

Kota Padang Panjang, Sumatera Barat  27122

     Hallo Dalius apa kabarnya? Semoga Anda dan keluarga selalu sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan-Nya, aamiin..

Oke, mengenai kendala yang kamu hadapi pada Honda Stream, bila bunyi gluduk..gluduk.. muncul saat melewati jalan rusak atau keriting, bisa dipastikan ada komponen kaki-kaki yang sudah aus dan harus diganti.

     Komponen yang dimaksud dan sering jadi biang keroknya adalah karet support sokbreker. Tapi untuk memastikannya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Yaitu dongkrak ban depan (bisa sekaligus dua-duanya atau bergantian antar kiri dan kanan), lalu coba goyangkan ban ke atas dan ke bawah.

Jika terdengar ada bunyi di bagian atas dekat kap mesin, biasanya itu akibat karet support sokbreker sudah minta diganti.

     Namun bila bunyinya muncul dari arah bawah, ada kemungkinan bushing link stabilizer yang ‘kena’. Tapi untuk lebih pastinya, segera periksakan ke bengkel langganan Anda.

Karena bisa juga diakibatkan ball joint, tie rod atau rack end-nya.

Namun umumnya bila ketiga komponen ini bermasalah, selain bunyi gluduk-gluduk ketika lewat jalan rusak, juga diirigi setir terasa bergetar.

Artikel ini sudah tayang di Tabloid OTOMOTIF No. 08/XXVIII