Ferrari Hingga Harley-Davidson Selundupan Terbongkar, Masuk Dalam Keadaan Terurai

Ignatius Ferdian - Selasa, 17 Desember 2019 | 19:00 WIB

Penggagalan penyelundupan puluhan motor dan mobil mewah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kepolisian Republik Indonesia, TNI dan Kejaksaan di Terminal Peti Kemas Koja, Jakarta Utara (17/12/2019) (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Ferrari, Porsche, BMW sampai Harley-Davidson selundupan yang ditemukan dalam kontainer dengan keadaan terurai berhasil dibekuk pihak Bea dan Cukai.

Total mobil dan motor selundupan yang masuk ke Tajung Priok ini menambah daftar kendaran selundupan menjadi 50-an unit dihitung sejak tahun 2016.

Dalam keterangan Menteri Keuangan, Sri Muyani menyebutkan beragam merek berhasil diamankan seperti Porsche, Mercedez Benz hingga BMW.

Sementara untuk kendaraan roda dua ada Harley-Davidson, Honda sampai Ducati.

(Baca Juga: Belasan Mobil Mewah dan Puluhan Moge Tertangkap Di Tanjung Priok, Menteri Sampai Turun Tangan)

Raspati/Otomotifnet
Penggagalan penyelundupan. Kontainer berisi komponen kendaraan

Menurutnya total nilai ke 54 unit tersebut mencapai kurang lebih Rp 21 miliar.

"Potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 48 miliar," katanya.

Raspati/Otomotifnet
Penggagalan penyelundupan. Bodi mobil langka diduga Ferrari 250 GTE cabrio di terminal peti kemas Tanjung Priok, Jakarta (17/12/2019)

Mobil dan motor selundupan yang berhasil didapatkan meliputi Porsche 911 GT3RS, Alfa Romeo dengan total nilai barang sekitar Rp 2,9 miliar. 

Lalu ada Mercedes-Benz, dua BMW E46, Jeep TJ, Toyota Supra, Suzuki Jimny, 8 rangka motor, 8 mesin motor gelondongan milik Triumph, Harley-Davidson Iron 883 Honda, Yamaha serta satu Honda Motocompo yang datang dari Jepang.

Untuk penyelundupan motor gede dan juga beberapa mobil dari Jepang kerugian yang ditaksir kurang lebihnya Rp 1,7 miliar.

Raspati/Otomotifnet
Penggagalan penyelundupan di Pelabuhan Tanjung Priok 17 Desember 2019. Alfa Romeo diduga 1750 Spider Veloce

(Baca Juga: Penyelundupan 19 Unit Mobil Mewah dan 35 Motor Berhasil Digagalkan, Salah Satu Modus Impor Batu Bata)