Isuzu Punya Mesin Diesel Khusus, Siap Dukung Pemerintah Hadapi Standar EURO 4

Ignatius Ferdian - Selasa, 4 Februari 2020 | 09:00 WIB

Ilustrasi mesin diesel (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) siap menghadapi EURO 4 dengan menyiapkan kendaraan bermesin diesel di tahun 2020.

Hal ini telah disahkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P120/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang Iebih dikenal dengan Standar Emisi Euro 4.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menandatangani Perjanjian Paris Degree, dimana ini menandakan bahwa Jokowi sangat fokus terhadap permasalahan emisi.

“Kami senang mendengar hal mengenai EURO 4 karena memang kita harus sama sama mendukung kemajuan negara Indonesia," ujar Ernando Demily, President Director IAMI dalam siaran resminya (3/2).

(Baca Juga: Mercedes-Benz Vito Pakai Mesin Bensin, Diesel Takut Kualitas BBM di Indonesia?)

Tribunnews
Ilustrasi mesin diesel common rail Isuzu


Nyatanya, pengaplikasian Euro 4 di Indonesia telah terlebih dahulu dilakukan oleh negara lainnya.

"Bahkan negara lain sudah melakukan itu, seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke EURO 4 dan bahkan lebih," terang Ernando.

Ernando juga mengatakan kalau Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4.

"Kami sudah memiliki mesin yang mendukung EURO 4 sejak 2011, yaitu engine common rail,” sebutnya.

Namun, Ernando juga menjelaskan ketika regulasi ini dilakukan akan ada dampak untuk para pengusaha, terutama untuk bisnis Logistik. Dimana akan terkena logistic cost yang juga akan meningkat.