Spidometer Digital Buram, Sunburn Penyebab, Begini Cara Mengatasinya

Antonius Yuliyanto - Jumat, 27 Maret 2020 | 12:30 WIB

Spidometer Honda CS1 yang sunburn (Antonius Yuliyanto - )

Otomotifnet.com - Salah satu penyakit khas spidometer digital yang sudah dimakan usia adalah sunburn.

Seperti dikeluhkan Alif Fahmi dari Sidoarjo, Jatim di rubrik Konsultasi Tabloid OTOMOTIF, yang menanyakan masalah spidometer Honda CS1 anaknya yang mulai bermasalah.

“Indikator bensin yang berupa garis bar hilang, indikator suhu mesin hilang, indikator RPM kadang-kadang hilang sama sekali, kadang-kadang naik turun padahal gas tidak digeber."

"Speedometer juga ngaco tidak sesuai kecepatan dan yang terakhir indikator gigi kadang ada kadang juga hilang,” tulisnya dalam email.

(Baca Juga: Yamaha RX King Ogah Biasa, Bodi Klasik, Knalpot Udang dan Ganti Sasis)

Masalah tersebut ternyata jamak ditemukan pada spidometer atau barang elektronik lain yang menggunakan LCD (liquid crystal display).

“Namanya sunburn atau rusak karena terpapar matahari," buka Giagie, spesialis perbaikan spidometer digital yang tinggal di Ciputat.

"Biasanya terjadi pada besutan yang berusia lebih dari 5 tahun, bisa lebih cepat jika sering parkir di tempat terbuka,” lanjutnya.

“Kerusakan tersebut diakibatkan dari rusaknya salah satu lapisan di dalam LCD, tepatnya filter polarizer, makanya info yang ditampilkan bisa buram bahkan hilang,” lanjut Koh Gia, panggilan akrabnya.

Aant/otomotifnet.com
Setelah spido Honda CS1 dibongkar tampak filter yang telah rusak karena sunburn, warnanya buram