Industri Otomotif Tanah Air Diminta Produksi Ventilator, Gaikindo Ajukan Syarat Ini

M. Adam Samudra,Irsyaad Wijaya - Senin, 6 April 2020 | 10:30 WIB

Proses produksi Sienta oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) (M. Adam Samudra,Irsyaad Wijaya - )

Otomotifnet.com - Kementerian Perindusterian meminta industri otomotif di Tanah Air membantu penanganan virus corona dengan membuat ventilator.

Sebab, menurut Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin sejumlah rumah sakit membutuhkan banyak ventilator.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perindustrian, kami meminta pelaku industri otomotif melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), agar beberapa anggotanya dapat memproduksi ventilator," ujar Putu melalui keterangan tertulisnya, (5/4/20).

Menurut Putu, sudah ada industri otomotif yang siap memenuhi permintaan pemerintah tersebut.

Baca Juga: General Motors Turun Tangan Produksi Ventilator, Kerja Sama Cegah Virus Corona

Humas Kemenperin
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika

Ia memberikan apresiasi kepada pelaku industri yang menyambut baik terhadap upaya kemanusiaan ini.

"Semoga produksi ventilator nantinya bisa menjadi solusi untuk mempertahankan kinerja sektor otomotif di tengah kondisi sulit sekarang," tuturnya.

Putu menilai, produsen otomotif tersebut sedang menindaklanjuti kerjasama dengan industri komponen untuk melakukan reverse engineering dalam pengembangan prototipe ventilator.

"Perusahaan itu juga telah mengidentifikasikan ada beberapa tim di lembaga pendidikan dan penelitian yang sedang bekerja mengembangkan ventilator," terangnya.