Persiapan New Normal, Korlantas Polri Pantau Lalu Lintas Secara Online

Harryt MR - Kamis, 11 Juni 2020 | 15:45 WIB

Pantauan CCTV di sejumlah jalan protokol kota Jakarta yang sepi (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Pemantauan lalu lintas di masa new normal alias tatanan baru hidup normal, Korlantas Mabes Polri menyiapkan layanan berbasis online.

Yakni mencakup pemantauan lalu lintas yang dilakukan secara virtual berbasis internet.

Demikian disampaikan Brigjen Pol. Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, dalam diskusi virtual yang dihajat Masyarakat Transportasi Indonesia (27/5).

"Saat ini, kita dalam menyambut new normal, tidak hanya sebatas kepada sistem yang aktual tetapi juga layanan secara virtual berbasis sistem internet of thing untuk mengamati, memantau kejadian di lapangan," tegas Chryshnanda.

Baca Juga: New Normal, Jasa Marga Siapkan Teknologi SLFF Tanpa Berhenti Tapping

Tujuan sistem online tersebut, merupakan upaya kepolisian menerapkan dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi, termasuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu menurutnya, langkah kepolisian mengimplementasi sistem online, sebagai antisipasi kerawanan petugas polisi di lapangan dapat terpapar virus corona.

"Sehingga ke depan di new normal nanti, kita siap melakukan kehidupan dari balik layar. Kepolisian menyiapkan pelayanan virtual mencakup keselamatan, keamanan, informasi, administrasi, hukum dan kemanusiaan," bebernya lagi.

Seperti diketahui, saat ini Korlantas Polri telah memiliki sistem manajemen pemantauan lalu lintas, yakni NTMC (National Traffic Management Center) Polri.

Serta telah mendelegasikan ke tingkat daerah, melalui RTMC (Regional Traffic Management Center).

Ditambah implementasi penggunaan CCTV di sejumlah kota di Indonesia.