Transmisi Otomatis Toyota Rush Ngejedug Saat Pindah Gigi, Ini Penyebabnya!

Andhika Arthawijaya - Minggu, 28 Juni 2020 | 22:20 WIB

Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo 2016 AT (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com – Buat sobat pemilik Toyota Rush generasi sebelum All New Rush, terutama yang bertransmisi otomatis, jika merasakan ada entakan ketika memindahkan tuas transmisi dari N ke R, sebaiknya jangan didiamkan.

Karena selain bikin gak nyaman, dikhawatirkan bila keseringan pindah gigi matic bunyi, akan muncul masalah di kemudian hari.

Kasus ini pernah dianalisa beberapa tahun lalu oleh Bambang H., yang kala itu menjabat Service Manager Auto2000 Cibiru Bandung, Jabar, dan kebetulan juga pemakai Rush.

“Entakan muncul dari clutch matik, dan itu biasanya akibat dari jumlah oli yang kurang, sehingga tekanan yang diberikan ke clutch tidak langsung maksimal. Biasanya sebelum muncul entakan, ada proses delay masuk ke gigi,” paparnya saat itu.

Baca Juga: Transmisi CVT Kalau Jebol, Segini Kocek yang Harus Kita Rogoh!

Entakan saat perpindahan gigi ini juga bisa saja terjadi di mobil lain, seperti Toyota Avanza, Daihatsu (Terrios, Xenia, Avanza dan Sirion).

“Ada beberapa hal yang membuat entakan atau istikah bengkelnya ngejedug,” papar Muhammad Holil, pemilik bengkel spesialis transmisi otomatis Wani Matic di Perumahan Pinang Griya Permai Ciledug, Banten.

Holil yang asal Jember, Jawa Timur ini pun lantas memberi analisa soal penyebab transmisi ngejedug seperti itu.