Mulai Beroperasi, Bus Dari Ciamis ke Jakarta Masih Sepi, Arah Sebaliknya Nyaris Tak Ada

Ignatius Ferdian - Jumat, 3 Juli 2020 | 18:45 WIB

Ilustrasi terminal bus (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Memasuki era new normal, beberapa terminal bus di Jakarta seperti Terminal Kampung Rambutan, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Kali Deres sudah beroperasi.

Namun untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) asal Ciamis yang berlalu lalang di terminal tersebut masih minim, yakni hanya sekitar 20 persen dari total armada yang ada.

“Sopir dan kernet bus yang masuk Jakarta maupun daerah Botabek yang masih PSBB harus melengkapi diri dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Demikian juga penumpang,” ujar Sekretaris DPC Organda Ciamis, Rd Ekky Bratakusumah.

Menurut Ekky, mengurus SIKM bukanlah hal yang mudah, harus ada pengantar dari RT/ RW dulu sampai terbitnya keterangan sehat sebelum boleh melakukan perjalanan.

Baca Juga: Kendaraan Umum Dalam Trayek Wajib Singgah di Terminal, Masih Ngeyel, Sanksi Berat

“Kadang pihak perusahaan harus turun tangan mengurus SIKM sopir maupun kernet busnya,” katanya.

Banyaknya aturan yang harus dipenuhi termasuk penerapan protokol kesehatan, diduga membuat angkutan umum antarprovinsi masih sepi penumpang.

"Dari 47 kursi penumpang yang ada dalam bus, hanya boleh diisi 50% atau sekitar 25 penumpang. Namun kenyataannya penumpang masih sepi. Paling banyak penumpang hanya mencapai 20 orang,” jelas Ekky.

Lebih lanjut, Ekky menjelaskan pihak perusahaan angkutan bus tidak jor-joran dalam mengoperasikan armadanya karena keadaan tersebut.

Baca Juga: Bus Sudah Bisa Angkut 70 Persen Kapasitas Kursi, Berlaku 1 Juli 2020, Tarif Tak Boleh Naik