Nissan Punya Desainer Wanita, Satu-satunya di Jepang Tahun 1967, Kenalan Yuk!

F Yosi - Rabu, 8 Juli 2020 | 22:00 WIB

Kyoko Shimada saat awal menjadi desainer mobil Nissan (F Yosi - )

Otomotifnet.com - Tahukah anda pada tahun 1967, ketika industri otomotif Jepang sangat didominasi oleh pria, Nissan membuat keputusan yang berbeda.

Nissan merekrut Kyoko Shimada wanita pertama yang menjadi desainer mobil dalam sejarah Jepang.

Untuk memberikan konteks situasi saat itu, Kyoko bergabung dengan Nissan 19 tahun sebelum Undang-Undang Kesetaraan Kesempatan Kerja untuk Pria dan Wanita mulai berlaku di Jepang, dan pada masa di mana partisipasi aktif perempuan dalam dunia kerja dan masyarakat bukanlah sesuatu yang lazim.

Kyoko Shimada ini mengingatkan kita terhadap Kartini di Indonesia yang mengedepankan emansiapasi wanita.

Baca Juga: Suzuki XL7, KIA Grand Sedona hingga Nissan Terra Kena Diskon, Terbesar Rp 150 Juta

"Tidak ada satu pun desainer wanita di industri otomotif Jepang pada waktu itu, tetapi Nissan lebih dulu menyadari perlunya memahami sudut pandang wanita dalam mendesain mobil dibanding perusahaan mobil lainnya, karena Nissan tahu bahwa nantinya setiap rumah tangga akan memiliki mobil,” kenang Shimada.

Setelah kuliah arsitektur di Japan Women’s University, ia bergabung dengan Nissan untuk menjadi bagian tim yang terdiri dari sekitar 50 desainer yang semuanya pria dan berspesialisasi di bidang otomotif.

Ia seorang wanita muda, tanpa latar belakang otomotif, tetapi hal tersebut menjadi kekuatannya.

Karakter ini membawanya menuju kesuksesan selama 38 tahun di Nissan, di mana ia kemudian mendapatkan wawasan dari tempat-tempat unik, serta memberinya sudut pandang yang imajinatif dan segar.