Yamaha XMAX Windshield Naik Turun, Pencet Tombol, Mirip Honda Forza

Fariz Ibrahim - Kamis, 16 Juli 2020 | 23:35 WIB

Windshield Yamaha XMAX bisa naik turun cukup tekan tombol (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com - Windshield pada skutik besar berfungsi menahan terpaan angin, tapi jika terlalu tinggi kadang motor terasa berat karena justru menahan angin.

Karenanya ada banyak pilihan windshield dengan ragam dimensi yang lebih keren dan sudah elektrik juga. Contohnya seperti Honda Forza 250 atau Yamaha TMAX.

Yamaha XMAX mau pasang electric windshield seperti Forza?

Bisa nih! Yang sudah membuatnya adalah Fat Motorsport yang ada di Jl. Jendral Ahmad Yani no.03 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jaktim.

“Harganya Rp 1,5 juta belum termasuk windshield, karena windshield bisa pakai apa saja, pakai windshield standar juga bisa,” sebut Wiryawan juragan dari Fat Motorsport.

Baca Juga: Setang Vespa Kena Drophead, Posisi Nunduk, Pengerjaan Semingguan

Fariz/otomotifnet.com
Dinamo dikasih sealent biar aman saat kena air

Komponen utama agar windshield bisa naik dan turun tentu saja sebuah dinamo.

“Pakai dinamo 12-volt yang bisa berputar 300 rpm, beli online barang dari Cina nih. Tapi karena gak waterproof makanya perlu di-sealant pakai lem tembak,” sebut Djarot Argodjati Poernomo yang merancang konstruksi tersebut.

Setelah itu dinamo dipasang di rumah aluminium yang terbagi dalam 3 piece. 

“Tapi nantinya akan jadi 1 piece. Dari dinamo dikasih bearing dan dibuat drat 12 mm panjang lengkap dengan mur 12 mm yang dilas di rel yang nantinya akan naik turun,"

"Jadi konsepnya seperti dongkrak, dinamo akan muter drat sehingga mur akan membawa rel naik atau turun,” tunjuk Djarot panggilannya.

Fariz/otomotifnet.com
Engsel windshield dibuat dari aluminium khas dari Fat Motorsport

Kemudian di bagian atasnya ada engsel dari bahan aluminium setebal 12 mm.

“Lalu di semua bautnya sudah pakai bearing jadi rangkanya bener-bener kuat tapi geraknya tetap lancar. Bearing atas pakai 8 mm dan bawah 6 mm,” urainya.

Untuk memasang kerangka electric windshield ini mudah hanya dengan membaut 4 buah pada dudukan windshield bawaan XMAX pakai kunci 8 mm.

Fariz/otomotifnet.com
Kerangka windshield electric menempel dengan 4 buah baut pada bodi

Baca Juga: Honda GL Pro Pajangan Toko Mebel, Pantas Jadi 'Berlapis' Serba Kayu