Toyota Tanggapi Positif Ajang IOOF 2020, Disebut Mampu Genjot Minat Pembeli Mobil Pertama

Ignatius Ferdian,Wisnu Andebar - Sabtu, 15 Agustus 2020 | 14:00 WIB

Ilustrasi dealer Toyota (Ignatius Ferdian,Wisnu Andebar - )

Otomotifnet.com - Hadirnya ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020 dinilai oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) bisa menggairahkan industri otomotif, terutama segmen pembeli mobil pertama atau first time buyer.

Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Marketing TAM mengatakan kalau pembeli mobil pertama adalah salah satu sektor yang paling besar terkena imbas pandemi Covid-19.

Sehingga, hal itu sangat berdampak terhadap industri otomotif karena pembeli mobil pertama di Indonesia berkontribusi paling besar terhadap penjualan mobil, yakni sekitar 50 persen lebih.

"Tapi kami berharap dengan adanya event ini dan support dari leasing company tentu saja para pembeli mobil pertama bisa kembali recover," kata Anton dalam press conference IOOF yang diadakan secara virtual (14/8/2020).

Baca Juga: IOOF 2020 Segera Dihelat, Banyak Merek Otomotif dan Artis Ikutan, Digelar Lima Hari

"Jadi kalau mereka (pembeli mobil pertama) recover pasti secara langsung market otomotif juga ikut recover," terangnya.

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bahwa menurunnya pembeli mobil pertama diklaim karena melemahnya daya beli masyarakat saat pandemi Covid-19.

Selain itu, pengetatan persetujuan kredit yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan juga menyebabkan konsumen pembeli mobil pertama menurun.

"Jadi kalau kami bandingkan dengan pembeli mobil tambahan atau replacement, mereka relatif lebih mampu untuk membeli walaupun sebagian menahan," ungkap Anton.

Baca Juga: Honda Bawa Program Menarik di IOOF 2020, Mulai Cicilan 0 Persen Sampai Hadiah Langsung