All New CBR150R Dibekali Dengan 2 Fitur Unggulan, Ada USD Dan ASC

Fariz Ibrahim - Jumat, 22 Januari 2021 | 14:45 WIB

All New CBR150R dibekali 2 fitur baru yang menjadi andalannya (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com - Fitur baru pada All New CBR150R ada 2, yang pertama tentu penggunaan suspensi depan USD berteknologi SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) yang satu tingkat lebih advance dibandingkan CBR250RR. Tipe ini biasa dipakai big bike, cuma minus setelan saja.

“Tipe BP ini hanya dilengkapi 1 piston, tapi besar. Sedangkan tipe cartridge seperti CBR250RR pakai 2 piston tapi kecil. Ini membuat kemampuan All New CBR150RR lebih baik di on road, handling juga lebih baik,” jelas Endro Sutarno, Technical Service Division AHM.

Meski suspensi depan di-upgrade, monosoknya justru kehilangan fitur setelan preload. “Kekerasannya dipatok setara level 2 di CBR150R sebelumnya, lalu compression dan rebound lebih lembut,” tunjuk Endro.

Fitur baru yang kedua ada di koplingnya, menggunakan Assist Slipper Clutch (ASC), “CBR150R baru dilengkapi dengan Assist Slipper Clutch yang menggunakan cam aluminium ringan. Fungsi Assist adalah mengurangi beban pengoperasian clutch lever sekitar 15% dibandingkan clutch konvensional.”

Baca Juga: All New CBR150R Tampil Identik Dengan CBR250RR, Ini Detailnya

Aant/otomotifnet.com
Setang All New CBR150R masih upper yoke yang menjepit suspensi upside down SFF-BP

“Dan fungsi slipper mengurangi guncangan yang disebabkan engine brake yang mendadak saat menurunkan gigi,” rinci Kikuo Yamazaki, Sub Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd saat menjelaskan CBR150R secara virtual.

Fitur sisanya seperti CBR150R sebelumnya. Seperti keseluruhan lampu sudah LED. Bedanya ada DRL yang menyala bergantian dengan sein.

Spidometernya tak ada perubahan, bentuknya mengotak dengan layar tak terlalu besar.

Modelnya fully digital dengan negative display. Panel sakelar di setang pun tak ada perubahan, tetap tak ada tombol engine cut off.

Aant/otomotifnet.com
Spidometer tidak banyak perubahan, tetap fully digital dengan negative display

Baca Juga: All New Honda CBR150R Tampil Lebih Racy, Pelek OZ, Knalpot Underbelly