Motor Terjang Banjir Berakhir Mogok, Cek Dan Lakukan Ini Biar Mesin Hidup Lagi

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Senin, 8 Februari 2021 | 19:40 WIB

Ilustrasi motor mogok saat banjir (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Buat pengendara yang motornya mendadak mogok setelah terjang banjir atau genangan air, ada solusi supaya mesin kembali hidup.

Namun sebagai saran agar terhindar dari risiko mogok, lebih baik menepi atau putar balik dan gunakan jalur lain saat menemui jalanan yang tergenang air tinggi.

Kalau motor sudah terlanjur mogok karena menerjang banjir, berikut ini tips yang bisa coba lakukan sebelum pergi ke bengkel.

“Langsung bawa motor keluar dari banjir dan jangan dipaksa hidup. Setelahnya cek dan buka busi motor dan keringkan dari air,” buka Harry Anggi, mekanik bengkel R59 Racing, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Motor Nekat Terjang Banjir, Awas Oli Jadi 'Milky', Wajib Dikuras Total

Akibat area cop busi basah, arus listrik yang diperlukan untuk menyalakan mesin jadi terhambat sehingga mesin tidak bisa dihidupkan.

“Mogok akibat busi basah ini umumnya dialami motor bebek dan matic, namun juga berpeluang terjadi pada motor mesin tegak atau tipe sport,” lengkapnya.

Kalau busi sudah kering namun tetap tidak bisa hidup akibat mati total, periksa adanya kemungkinan korslet dengan lihat kondisi sikring di motor.

Jika motor tergenang air dalam kondisi sedang parkir, maka perlu penanganan berbeda dari hanya sekedar periksa busi.

Baca Juga: Motor Sport Terdampak Banjir Butuh Servis, Biaya di Bengkel Spesialis Ini Mulai Rp 200 Ribuan