Meski Belum Diresmikan Gubernur Anies, Flyover Tapal Kuda di Jakarta Dibuka Untuk Umum

Ignatius Ferdian - Rabu, 14 April 2021 | 14:45 WIB

Flyover tapl kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Flyover tapal kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung masih belum diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Meski belum ada peresmiannya, dua flyover kebanggaan Anies itu sudah dibuka untuk umum.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan, pembukaan permanen dilakukan setelah uji coba tahap kedua pada 1 April hingga 6 April 2021 dinilai berjalan mulus.

"Pengoperasian flyover selanjutnya setelah uji coba tahap kedua, kedua flyover dibuka seterusnya untuk dilintasi oleh kendaraan, baik untuk putaran utara ke utara maupun putaran selatan ke selatan," ucapnya (14/4/2021).

Baca Juga: Sitinjau Lauik Bakal Dibangun Flyover, Target Selesai 2024, Anggarkan Dana Rp 1,2 Triliun

Hari mengakui, pengoperasian flyover, khususnya di Lenteng Agung belum berjalan maksimal lantaran kemacetan masih terjadi di kawasan itu.

"Terutama di pagi hari pada area on ramp dari arah Depok menuju Pasar Minggu. Hal ini disebabkan oleh kurang disiplinnya pengendara berlalu lintas," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Untuk mengatasi hal ini, Hari menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Dinas Perhubungan, kepolisian, hingga Wali Kota Depok.

"Agar lalu lintas yang melewati flyover bisa berjalan dengan lancar dan aman," kata Hari.

Baca Juga: Flyover Purwosari Solo Beroperasi, Gilingan dan Simpang Joglo Jadi Proyek Selanjutnya