Ekspor Suzuki Moncer, XL7 Dan Karimun Wagon R Mendominasi, Ini Catatan Selama Kuartal I 2021

Ignatius Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Rabu, 21 April 2021 | 19:10 WIB

Suzuki XL7 (Ignatius Ferdian,Muslimin Trisyuliono - )

Otomotifnet.com - Dalam kinerja ekspor, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sukses mencatatkan hasil positif sepanjang periode Januari hingga Maret 2021.

Berdasar catatan selama kuartal I 2021, ekspor kendaraan roda empat Suzuki mencapai 17.216 unit, atau tumbuh sebesar 12 persen kalau dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan ini dipimpin oleh Suzuki XL7 yang berhasil mencatat angka pertumbuhan sampai 136 persen, dan Karimun Wagon R sebesar 277 persen dibandingkan Januari-Maret 2020 lalu.

Production Planning Control Assistant to Dept. Head SIM, Apriyanto, mengatakan pihaknya menyambut positif peningkatan performa ekspor ini serta menandakan bahwa pasar otomotif mulai pulih.

Baca Juga: Kijang Kotak, Suzuki Carry Dll Muat Sekeluarga, Harga Rp 30 Jutaan

"Pencapaian ini juga menjadi bukti bahwa kualitas produk Suzuki Indonesia telah diakui dan diminati secara global, terutama XL7 yang meningkat hingga 136 persen dan Karimun Wagon R sebesar 277 persen," ujar Apriyanto dalam rilis resmi yang diterima (20/04/2021).

Melihat capaian tersebut, Suzuki Indonesia akan terus menghadirkan produk bertaraf international untuk memenuhi kebutuhan pasar luar dan dalam negeri.

Selain ekspor dalam bentuk utuh (CBU/Completely Built Up) XL7 yang berkontribusi hingga 25,3 persen, performa ekspor Suzuki juga didukung pengapalan Karimun Wagon R secara terurai (CKD/Completely Knock Down) sebesar 29,3 persen dan CBU All New Ertiga sebesar 14,1 persen.

Sebanyak 51 negara menjadi tujuan ekspor Suzuki Indonesia yang berada di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan dan Oseania.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Bisa Dikredit, Harga Turun Sampai Rp 13 Juta, Ini Skema Cicilannya