Hyundai KONA Elektrik Stop Produksi di Korsel, Gara-gara Masalah Ini

Ignatius Ferdian,Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 23 April 2021 | 17:30 WIB

Hyundai Kona Electric (Ignatius Ferdian,Ruditya Yogi Wardana - )

Otomotifnet.com - Belum lama ini, Hyundai Motor Company menyampaikan kabar yang bisa dibilang mengejutkan.

Hyundai mengumumkan bahwa Kona Electric akan berhenti diproduksi di Korea Selatan dalam waktu dekat.

Dengan adanya pengumuman ini, Hyundai dipastikan akan berfokus untuk memproduksi IONIQ 5 di Korea Selatan pada masa mendatang.

Dikutip dari Theverge.com, penghentian produksi Hyundai Kona Electric terpaksa dilakukan menyusul adanya penarikan kembali untuk perbaikan atau recall besar-besaran lantaran ada masalah pada komponen baterai yang berujung pada kebakaran.

Baca Juga: KIA Seltos dan Hyundai KONA Adu Ruang Bagasi, Panjang dan Lebar Selisih Berapa Jari?

Terlebih, Hyundai sudah menerima lebih dari puluhan laporan Kona Electric yang terbakar di Korea Selatan karena masalah ini sejak 2019.

Alhasil, mereka mau tidak mau harus menghabiskan uang kurang lebih 1 miliar Dolar Amerika Serikat atau Rp 14,6 trilun untuk me-recall 76 ribu Hyundai Kona Electric di negara asalnya.

Selain itu, pabrikan asal Korea Selatan ini juga menarik sejumlah Hyundai IONIQ dan bus listrik buatannya yang diketahui menggunakan komponen baterai serupa.

Akibat recall besar-besaran ini, penjualan Kona Electric di Korea Selatan merosot tajam dan sejumlah konsumen melayangkan komplain terkait perbaikan yang tidak berjalan lancar.

Baca Juga: KIA Seltos Vs Hyundai KONA, Legroom dan Headroom Lebih Lapang Siapa?