Tips Mengetahui Transmisi Matik CVT Honda Jazz Seken Rewel, Ada Entakan dan Delay

Ferdian,Ryan Fasha - Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:55 WIB

Ilustrasi Honda Jazz Bekas (Ferdian,Ryan Fasha - )

Otomotifnet.com - Buat yang ingin membeli Honda Jazz seken dengan transmisi matik CVT (Continuosly Variable Transmission), ada tips yang bisa dilakukan.

Yang paling penting saat memboyong Honda Jazz transmisi matik CVT tersebut adalah mengecek kondisi kesehatan transmisi itu sendiri.

Selain itu yang penting diingat dalam tips beli mobil bekas ini adalah transmisi matik CVT ada pada Honda Jazz generasi pertama (GD3) dan ketiga (GK5)

Sementara generasi Honda Jazz generasi kedua (GE8) menggunakan transmisi matik konvensional yang pakai planetary gear dan torque converter.

Saat tim redaksi bertanya ke Supriyanto atau akrab disapa Ucup, dirinya menjelaskan bahwa ada beberapa gejala pada transmisi matik CVT Honda Jazz yang bermasalah.

Baca Juga: Bukan Penyakit Khas Honda Jazz GK5, Tapi Waspada Saja Dua Komponen Ini

"Baik generasi pertama dan ketiga, gejala transmisi matik CVT Honda Jazz bermasalah itu sama saja," buka Ucup.

"Gejala pertama yang bisa dirasakan adalah adanya entakan cukup keras pada mobil saat tuas transmisi dipindahkan," tambahnya.

Selain itu, saat mobil mulai berjalan juga akan terasa ada delay atau terlambat respon.

Gejala delay ini bisa diakibatkan sil karet di dalam body valve sudah usang sehingga tekanan oli transmisi agak terlambat.

Saat mobil berjalan, kita bisa melihat apakah respons transmisi matik CVT cukup cepat saat pedal gas diinjak lebih dalam.

Baca Juga: Ngincar Honda Jazz GE8 A/T Seken? Cek Dulu Penyakit Transmisinya Ini!