Kunci Vespa Matik Jangan Sampai Hilang, Sekali Ganti Rogoh Kantong Sampai Jutaan

Uje,Ignatius Ferdian - Sabtu, 31 Juli 2021 | 16:25 WIB

Kunci Vespa GTS 300 sudah immobilizer dan alarm (Uje,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Wajiib disimpan dengan hati-hati, karena cuma  gara-gara kunci Vespa matik hilang bisa keluarin duit hinga jutaan.

"Kunci Vespa itu ada dua kalau beli dari baru, warna coklat dan biru," buka Bimo Aryo dari Big Scoot Garage di Jl. Letjend Suprapto No.53, Jakarta Pusat.

"Nah, kunci yang coklat itu bertugas sebagai masternya, dan ini jangan sampai hilang," terangnya.

"Kalau masternya ini sampai hilang artinya kalian harus bikin master kunci baru di bengkel resmi," lanjut Bimo yang ramah.

Bikin master kunci sebetulnya simpel, tapi di Vespa matik urusannya bisa bikin jebol kantong karena juga harus ganti ECU baru.

Baca Juga: Pasang Handle Rem Vespa Modern, Pakai Punya Yamaha Mio, Lebih Murah

Isal/GridOto.com
Dibilang ECU gendong karena ECO menempel pada throttle body Vespa

Pasalnya, Vespa modern sudah dilengkapi dengan model kunci immobilizer yang sensornya langsung dibaca oleh ECU.

Makanya, jika kunci masternya sampai hilang, otomatis harus ganti ECU karena jika bikin kunci baru pun sistem immobilizer-nya tidak bisa connect ke ECU yang ada.

"ECU vespa itu untuk beberapa tipe terutama yang masih mesin 3V rata-rata ECU-nya model gendong atau jadi satu dengan Throttle Body (TB)," wantinya.

"Makanya harganya bisa tembus Rp 3 jutaan kalau kunci masternya sampai hilang," lanjutnya lagi.

Soalnya kalian harus beli kunci master plus dengan ECU yang jadi satu dengan TB itu, makanya sebisa mungkin hindari kunci yang coklat itu hilang.

"Amannya kalau kalian riding harian pakai kunci yang biru saja, sementara yang coklat jadikan serep kalau-kalau kunci yang biru hilang," tutup Bimo.