Bengkel Resmi dan Spesialis Sepakat, Semua Cat Mobil Warna Merah Lebih Mahal Karena Ini

Irsyaad W,Harun Rasyid - Senin, 6 September 2021 | 07:00 WIB

Cat ulang Toyota Avanza di bengkel umum Auto Motion Tangerang (Irsyaad W,Harun Rasyid - )

Otomotifnet.com - Biaya pengecatan mobil warna merah biasanya akan dipatok tarif lebih mahal.

Bahkan hal ini berlaku baik di bengkel resmi maupun spesialis alias sepakat.

Belly Sudrajat, Service Manager dari bengkel Setiajaya Toyota Body & Paint mengatakan, pengecatan mobil berwarna merah relatif lebih mahal dibanding beberapa warna dasar lainnya.

"Sebelum mengecat bodi mobil, warna itu harus lewat proses mixing atau dicampur. Yang dicampur itu ada dasar warna atau biang cat," jelasnya, (30/8/21).

"Nah biang cat merah ini dibanding warna putih tentu lebih mahal merah karena memakai pigmen. Makanya merah lebih mahal dibanding putih, hitam atau silver," ujarnya.

Baca Juga: Bengkel Resmi Toyota Jamin, Repaint Agya Pakai Cat Ini Bisa Sekinclong Alphard

Naufal Shafly/GridOto.com
Ilustrasi pengerjaan body repair di Auto2000

"Selain merah, pengecatan mobil warna biru dan kuning yang tergolong dalam warna primer juga lebih mahal dari silver, putih atau hitam," lanjutnya.

Sementara itu, Sarjono, Owner bengkel spesialis Nissan dan body repair Jasmin Motor di Bekasi menyebut, merah sebagai warna cat kendaraan paling mahal.

"Warna cat yang tergolong super dan paling mahal catnya itu merah, baik itu merah solid, candy, merah maroon, cherry red sampai merah Ferrari, atau warna apapun yang mengandung warna merah itu mahal," ucapnya beberapa waktu lalu.

Pria yang pernah bekerja di bagian body repair bengkel resmi Nissan ini, coba mengungkapkan alasan superioritas warna merah dalam cat kendaraan.

"Alasan cat warna merah mahal itu karena memang harga bahan dasar catnya lebih mahal dari sananya. Itu perbandingan untuk warna cat jenis solid atau standar saja," jelas Sarjono.