Biar Enggak Ketilang, Cek Atau Sekalian Ganti Oli Mesin Sebelum Uji Emisi

Muhammad Farhan,Ferdian - Rabu, 3 November 2021 | 20:05 WIB

Ilustrasi servis dan ganti oli motor matic (Muhammad Farhan,Ferdian - )

Otomotifnet.com - Supaya bisa lolos tes uji emisi dan nantinya nggak kena tilang, jangan lupa cek kondisi oli serta ganti oli mesin motor dengan yang baru bila perlu.

Tes uji emisi sendiri berfungsi mengukur kelayakan mesin kendaraan untuk beroperasi, lalu berisi data yang membaca kandungan gas buang mesin.

Enggak hanya berfungsi sebagai pelumas komponen mesin motor, oli mesin juga ternyata bisa mempengaruhi kadar emisi yang dihasilkan mesin.

“Proses timing pengapian mesin ini dipengaruhi kondisi oli yang digunakan, kalau kualitas oli mesin sudah jelek pasti mengganggu proses tersebut,” ujar Indrawan, kepala mekanik Suzuki SMG Sunter, Jakarta Utara.

Kalau timing pengapian mesin tidak sesuai, otomatis proses pembakaran jadi tidak sempurna dan meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan.

Baca Juga: Duduk Manis Buka Aplikasi Ini, Bakal Dipandu Lokasi Bengkel Motor Uji Emisi

Umumnya gangguan timing pengapian terjadi kalau pakai oktan bensin diluar spesifikasi serta kualitas oli mesin yang dipakai sudah menurun.

“Meskipun motor terasa normal dikendarai, oli yang sudah kotor atau lama tidak diganti pasti bikin proses pembakaran mesin tidak sempurna,” jelasnya.

Sebab oli kotor atau sudah lama tidak diganti akan rusak, sehingga meningkatkan gesekan antar komponen mesin.

“Untuk interval ganti oli mesin sebaiknya ikuti anjuran sesuai dari pabrikan, boleh lebih cepat tergantung kondisi pemakaian,” yakin Indra.

Sepele tapi penting, itu tadi penjelasan mengenai manfaat periksa dan ganti oli mesin motor sebelum ikut tes uji emisi.

Jadi, jangan lupa lakukan penggantian oli mesin serta pengecekan komponen lainnya sebelum lakukan uji emisi di motor.