Biasa Buat Bersihin Luka, Eksperimen Pertalite Campur Alkohol Bikin Irit Bensin Ditanggapi Pertamina

Ferdian,Harun Rasyid - Rabu, 12 Januari 2022 | 20:40 WIB

Ilustrasi dongkrak performa motor Kawasaki KLX (Ferdian,Harun Rasyid - )

Otomotifnet.com - Memodifikasi sejumlah part atau mencampur bahan bakar dengan aditif tertentu jadi pilihan cara mendongkrak performa kendaraan.

Misalnya yakni mengoplos bensin dengan alkohol 99 persen.

Langkah yang terbilang instan ini, diperlihatkan lewat video yang diunggah salah satu akun Youtube dengan eksperimen mencampur alkohol 99 persen dengan Pertalite.

Caranya dengan menuang alkohol 99 persen sebanyak 10 persen dari volume bensin dengan Research Octane Number (RON) 90 tersebut.

Misalnya 1 mili Pertalite dicampur dengan alkohol 99 persen sebanyak 0,1 mili.

Hasilnya diklaim membuat suara mesin terdengar lebih halus, oktan menjadi lebih tinggi, dan juga membuat tingkat emisi yang dihasilkan jadi berkurang.

Youtube.com
Ilustrasi mencampur BBM dengan alkohol

Lantas, apakah boleh mencampur BBM dengan alkohol demi meningkatkan performa mesin?

Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) coba menyampaikan pendapatnya.

Menurutnya Pertamina tidak menganjurkan pemilik kendaraan mencampur BBM dengan alkohol atau zat aditif tambahan lainnya.

"Kami menyarankan untuk tidak mencampur BBM jenis apapun dengan bahan-bahan asing seperti alkohol," jelasnya saat dihubungi tim redaksi beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Putut Andriatno selaku Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga menyatakan, Pertamina juga tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu setelah mencampur BBM dengan zat aditif.

"Karena hal itu akan mengubah spesifikasi BBM, Pertamina juga tidak bertanggung jawab terhadap spesifikasi BBM yang sudah berubah," ucapnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Motor Jangan Asal Dibelikan Bensin, Rasio Kompresi Tentukan Jenis BBM!