Black Box di Kolong Roda Honda Vario 160 Ada Fungsinya, Anti Ngorok

Muhammad Farhan,Ferdian - Selasa, 22 Februari 2022 | 19:15 WIB

Pilihan warna All New Honda Vario 160 tipe CBS (Muhammad Farhan,Ferdian - )

Otomotifnet.com - Mirip yang ada di Honda PCX 160, ini lho fungsi black box alias kotak hitam yang terpasang di area kolong roda Vario 160.

Kalau diamati, kotak hitam yang seperti tabung ini terhubung dengan saluran intake filter udara yang mengarah ke throttle body.

Menurut pihak pabrikan, keberadaan kotak hitam tersebut memiliki fungsi dengan tujuan optimalisasi saluran udara.

“Kotak hitam tersebut adalah resonator, terpasang di jalur intake untuk mengurangi suara isapan udara yang masuk saat motor sedang melaju,” ungkap Ade Muhajir, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM).

Hasilnya, suara ngorok atau berdesis yang mungkin hadir saat motor dipakai berakselerasi bisa diatasi dengan adanya resonator.

Farhan
Resonator terpasang di saluran intake Honda Vario 160

Hal ini merupakan yang pertama di motor Honda Vario, karena komponen tersebut tidak ditemui di jalur intake Vario generasi sebelumnya.

Merujuk pada spek PCX 160, maka Vario 160 juga kemungkinan mengalami perubahan kapasitas boks filter serta diameter throttle body yang lebih besar dari Vario 150 lama.

Enggak hanya mengalami peningkatan dari segi performa, dengan resonator hasilnya diharapkan motor akan tetap terdengar halus ketika berakselerasi.

“Dengan adanya perubahan tersebut, harapannya kinerja mesin bisa lebih optimal meski putaran gas baru dibuka sedikit,” lengkapnya.

Nah itu tadi sedikit informasi teknis mengenai sektor air intake system yang terdapat pada motor Honda Vario 160.

Baca Juga: Posisi Tersembunyi, di Sini Letak Nomor Rangka Honda Vario 160