Mantap, Uji Coba Ganjil Genap di Tol Dimulai, Kendaraan Diarahkan ke Jalur Arteri

Ferdian - Senin, 25 April 2022 | 18:50 WIB

lustrasi jalan tol (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Ganjil genap di ruas tol saat Mudik Lebaran 2022 sudah mulai diuji coba Polda Metro Jaya (25/4/2022)

Sejumlah kendaraan pun diarahkan ke jalur arteri.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kalau uji coba ganjil-genap di jalan tol akan dilaksanakan selama kurang lebih dua jam mulai pukul 12.00 WIB.

"Untuk ganjil genap saja uji cobanya. Hanya satu sampai dua jam. Nanti baru efektif berlaku pada saat hari H pemberlakuan one way," ujar Sambodo (25/4/2022).

Dalam uji coba pada tanggal ganjil ini, kata Sambodo, kendaraan berpelat genap dari arah Jakarta tidak akan diizinkan naik ke Jalan Layang Tol MBZ.

Kendaraan berpelat ganjil tersebut Akan diarahkan ke luar jalan arteri melalui Gerbang Tol Cikarang Barat.

"Dia harus lewat bawah, dan nanti akan difilterisasi di Gerbang Tol Karawang Barat untuk dikeluarkan di pintu tol," kata Sambodo.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mempersiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol pada masa mudik Lebaran 2022 dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Rencananya, kepolisian akan memberlakukan ganjil genap dan juga sistem satu arah atau one way pada periode arus mudik mulai Kamis (28/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022).

"Pelaksanaan ganjil genap arus mudik bersamaan dimulainya one way," demikian informasi yang diumumkan lewat unggahan akun @TMCPoldaMetro (16/4/2022).