Sandiaga Uno Hadiri Opening Ceremony KUSTOMFEST 2022, Sebut Custom Bagian dari Industri Kreatif

Rangga Kosala - Sabtu, 1 Oktober 2022 | 19:10 WIB

Opening ceremony KUSTOMFEST 2022 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Rangga Kosala - )

Otomotifnet - KUSTOMFEST 2022 resmi dibuka siang ini oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno, beserta Director Kustomfest Lulut Wahyudi dan KPH Purbodiningrat selaku Penasehat KUSTOMFEST.

Sandi menyebut, berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research report, desain produk industri telah mencapai angka $ 45,5 miliar dan diproyeksikan akan tumbuh menjadi $ 65,4 miliar. 

Tingkat pertumbuhannya pun di atas rata-rata nasional, 5,3 persen untuk 5 tahun ke depan.

Ia menantang para pegiat kreatif untuk membangun desain produk industri.

Baca Juga: We’ll Be Back! KUSTOMFEST, Lebaran Anak Kustom Kembali Digelar di Tahun 2022

"Sekarang sudah tidak ada keraguan lagi, ini sudah ada rumahnya. Rumahnya ada di industri kreatif, di ekonomi kreatif kita," ujar Sandi.

"Dan kami siap memfasilitasi dan memberikan perhatian kepada KUSTOMFEST ke depan agar bisa meningkatkan peluang usahanya dan bisa membuka lapangan kerja setinggi-tingginya," tambahnya.

Rangga/Otomotifnet
Sandiaga Uno,

Dalam sambutannya, Lulut mengatakan, KUSTOMFEST selama 11 tahun merupakan destinasi wisata khusus, karena acara tersebut dihadiri oleh builder, pelaku dan penikmat custom dari seluruh Indonesia yang datang ke Yogyakarta.

"Maupun tamu-tamu dari mancanegara yang datang khusus ke Jogja tiap tahun untuk menikmati karya-karya custom, karya anak bangsa terbaru," lanjut Lulut.