Cewek-cewek Full Senyum, Transjakarta Tambah 10 Bus Pink, Cowok Dilarang Naik

Ferdian - Kamis, 1 Desember 2022 | 15:20 WIB

Transjakarta tambah 10 bus pink khusus wanita, bakal beroperasi sejak awal pekan ini (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Cewek-cewek makin aman kalau kepengin naik Bus Transjakarta.

Ini karena PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah lagi 10 unit bus pink.

Bus pink adalah bus yang diperuntukan secara khusus bagi penumpang wanita.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan ke-10 bus ini telah efektif melayani penumpang sejak awal pekan ini.

"Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya. Penambahan unit-unit lainnya secara bertahap," katanya dikutip dari keterangan tertulis (1/12/2022).

Kata Anang, bus pink kali ini hadir dengan desain terbaru yang mengusung kenyamanan bermobilitas untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan.

Sementara itu, bus pink ini melayani penumpang wanita setiap hari mulai pukul 05.00 – 21-00 WIB dengan tarif regular Rp3.500.

"Selain penyediaan bus pink, usaha lain untuk mencegah pelecehan seksual di fasilitas Transjakarta adalah dipasangnya kamera di halte dan Bus, ditempatkannya petugas di bus dan halte, tersedianya pelaporan 24 jam dan dibentuknya tim penanganan yang bergerak cepat," lanjutnya.

Sebagai informasi, bus pink sendiri pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu.

Bus pink beroperasi di Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) dan Rute Puribeta - Dukuh Atas (13C).

Baca Juga: Sistem Bayar Bus TransJakarta Diadukan ke KPK, Dituding Bikin Rugi Rp 1,6 Miliar

Sumber: https://jakarta.tribunnews.com/2022/12/01/transjakarta-tambah-10-bus-pink-khusus-wanita-sudah-beroperasi-sejak-awal-pekan-ini