Jakarta Makin Macet, Sistem Satu Arah Masuk Keluar Jakarta Disebut-Sebut

Ferdian - Minggu, 28 Mei 2023 | 19:44 WIB

Kemacetan Jakarta saat jam sibuk (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Lalu lintas di Jakarta dan kota-kota besar lainnya makin macet dan semrawut pasca mudik dan balik Lebaran 2023.

Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan kalau kondisi tersebut semakin mengganggu aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Presidium ITW Edison Siahaan.

Menurutnya, kesemrawutan dan kemacetan serta perilaku pengguna jalan dan petugas memicu stress dan kecemasan masyarakat.

"Bila tidak segera diantisipasi, potensi menimbulkan kerugian yang lebih luas dan memicu konflik sekaligus ancaman terhadap Kamtibmas," kata Edison melalui keterangan persnya (28/5/2023).

ITW mendesak Pemerintah dan Polri segera melakukan upaya dengan langkah dan tindakan yang efektif serta benar-benar menyentuh langsung substansi permasalahan.

"Tidak lagi hanya upaya pembatasan gerak kendaraan dan larangan serta sanksi denda semata. Sebab pembatasan gerak kendaraan hanya salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di hilir"

"Padahal pemicunya di hulu yaitu populasi kendaraan yang tidak terkendali, sehingga ruas dan panjang jalan yang tersedia tidak mampu menampungnya," tegasnya.

"Begitu juga upaya penindakan yang merupakan salah satu tindakan terhadap permasalahan yang terjadi di hilir"

"Karena, sumber masalah di hulu yaitu masih rendahnya kasadaran tertib berlalu lintas masyarakat maupun petugas, sehingga terjadinya pelanggaran," sambungnya.