Merinding, Penggusuran Rumah Masa Depan Ukuran 2x1 di Tol Solo-Jogja Dihentikan Dulu

Irsyaad W - Rabu, 27 Maret 2024 | 10:00 WIB

Proses pembongkaran dan pemindahan 288 makam di desa Brangkal, Karanganom, Klaten karena terimbas proyek tol Solo-Jogja (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Proyek tol Solo-Jogja menggusur banyak rumah masa depan ukuran 2 meter x 1 meter di Klaten, Jawa Tengah.

Namun saat ini proses pemindahan penghuninya ke lokasi baru dihentikan dulu.

Utamanya distop dulu sepanjang bulan suci ramadan guna persiapan tol fungsional arus mudik dan balik lebaran.

Dwi Joko Yudho, Ketua sekaligus pendiri Al Iswat Nusantara Semarang selaku pihak pembongkaran makam proyek tol Solo-Jogja beri penjelasan.

Pembongkaran makam akan kembali dikerjakan setelah Lebaran. Ia mengatakan, pembongkaran makam telah dimulai sekitar setahun lalu.

Hingga saat ini, sudah ada ribuan makam yang sudah dibongkar dan dipindahkan.

"Sebenarnya di pertengahan Ramadhan ini kita kerja. Tapi, karena alat berat pindah lokasi cukup jauh sudah di Ngawen untuk mengejar fungsional buat mudik. Insya Allah kami akan kerjakan nanti setelah Lebaran," kata Dwi, (26/3/24) dilansir dari Kompas.com.

Menurut dia, pembongkaran makam yang akan dikerjakan setelah lebaran berada di wilayah Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Pada wilayah itu ada dua lokasi makam yang akan dibongkar.

TribunSolo.com/Zharfan Muhana
Proses pembongkaran dan pemindahan 302 makam yang terkena proyel tol Solo-Jogja di dukuh Sidorejo, desa Beku, Karanganom, Klaten