Harga Bensin dan Solar Potensi Jadi Selangit, Pemerintah Sedang Rencanakan Ini

Irsyaad W - Selasa, 28 Mei 2024 | 09:30 WIB

SPBU 24.352-127 di Jl Wolter Monginsidi, Bandar Lampung yang menjadi ujicoba permalukan mobil nunggak pajak (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Harga bensin dan solar di Indonesia potensi jadi selangit alias naik.

Ini karena pemerintah sedang merencanakan sesuatu mengenai besaran subsidi energi.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani pun telah tegas menyatakan, pemerintah akan tetap mengevaluasi besaran subsidi energi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setelah Juni 2024 mendatang.

Sejauh ini, pemerintah masih menahan harga energi termasuk BBM sampai Juni 2024 mendatang, meski harga mentah dunia mengalami tekanan imbas tensi geopolitik di Timur Tengah.

"Sejauh ini saya belum ada perubahan (evaluasi subsidi energi bulan Juni), kita sedang fokus membahas pelaksanaan APBN sekarang ini," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, (22/5/24).

Kendati demikian, Bendahara Negara ini mendukung langkah-langkah yang akan diambil Kementerian ESDM, Kementerian BUMN dan Pertamina.

"Karena mereka dalam APBN juga sudah ditetapkan jumlah volume dan juga anggaran subsidinya, itu yang perlu dijaga oleh Kementerian ESDM dan Pertamina," ucap Sri Mulyani.

Wanita yang akrab disapa Ani ini juga mengaku belum bisa memastikan kenaikan harga energi pada akhir tahun.

TribunSumsel.com/Rahmat
Ilustrasi SPBU jual Bio Solar dan Dexlite

"Saya belum update mengenai itu," ujar dia.