Bentuk Peduli Lingkungan, AHM Tanam 3.200 Pohon Mangrove di Pulau Pramuka

Rangga Kosala - Senin, 26 Agustus 2024 | 09:04 WIB

PT Astra Honda Motor menanam ribuan bibit pohon mangrove sebagai bentuk upaya penyerapan karbon (Rangga Kosala - )

Otomotifnet.com - Sebanyak 3.200 pohon, itulah jumlah pohon mangrove yang ditanam oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai salah satu bentuk mitigasi perubahan iklim di tanah air.

PT AHM menanam ribuan bibit pohon mangrove itu berada di kawasan Pulau Pramuka, ibu kota kabupaten yang berada dalam gugusan Pulau Seribu, Minggu (25/8) pagi.

Kegiatan menanam mangrove didukung oleh pemerintah daerah Kepulauan Seribu, komunitas Smiling Coral Indonesia, Synergy Creator Squad serta didukung oleh Astra Motor 1 Group yaitu PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries dan PT Yutaka Manufacturing.

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh jajaran direksi PT AHM yang diwakilkan oleh Thomas Wijaya, selaku Vice President PT Astra Honda Motor, beserta perwakilan empat anak perusahaan AHM dan jurnalis dari media nasional. 

AHM
Otomotifnet juga turut mengikuti penanaman bibit pohon mangrove bersama AHM

Jenis tanaman ini memiliki peranan yang sangat penting, selain dapat menjaga ekosistem pesisir mangrove dapat menangkap CO2 5 kali lebih besar.

Juga menjadi pelindung abrasi dan gelombang laut serta habitat bagi berbagai biota.

Selain lewat penanaman pohon, pengurangan emisi gas buang juga dilakukan dengan memasang panel surya di area pabrik.

Hal itu dapat mengurangi 9.692 ton emisi CO2 per tahun serta meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1 e: yang tidak menghasilkan emisi gas buang.

"Komitmen AHM terhadap lingkungan, mulai dari proses produksi sepeda motor Honda, pengaplikasian solar panel, waste management, dan water recycle di pabrik," ujar Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.