Test Drive MG VS HEV, Segini Hasil Performa dan Konsumsi BBM-nya

F Yosi - Selasa, 1 Oktober 2024 | 08:30 WIB

MG VS HEV dibekali mesin 1.500 cc (F Yosi - )

Otomotifnet.com - MG VS HEV dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder Atkinson-Cycle. Mesin ini diklaim punya output tenaga sebesar 107 dk dan torsi 142 Nm.

Dipadu dengan sebuah motor listrik berdaya 93 dk dan torsi 200 Nm, yang kalau ditotal output keseluruhannnya bisa mencapai 177 dk.

Bicara soal teknologi hybrid dari MG VS, ada hal yang menarik. Jadi kalau kita bandingkan dengan Toyota Yaris Cross HEV, sistem operasinya agak berbeda saat mesin dan motor listrik bekerja.

Kalau di Yaris Cross pada kecepatan rendah atau di bawah 30 km/jam, saat baterainya mencukupi maka motor listrik yang akan bekerja, sementara mesin pembakaran dalamnnya off.

Berbeda dengan MG VS HEV, motor listriknya benar-benar full membantu mesin dalam menggerakan roda depan. Alhasil di kecepatan rendah pun mesin pembakaran dalamnya tidak akan pernah mati.

Tapi pengalaman unik saat pertama kali menyalakan sistem pada mobil ini, ketika posisi AC belum nyala kabinnya terasa hening. Namun ketika AC dinyalakan, mesin pembakaran dalamnya langsung seketika menyala.

Untuk diketahui sistem hybrid pada MG VS ini model pararel. Nah biasanya mobil dengan sistem hybrid ini akan membantu keiritan soal bahan bakar.

F Yosi/Otomotifnet
MG VS HEV punya motor listrik berdaya 93 dk dan torsi 200 Nm.

Ternyata setelah kami tes untuk dibawa keliling di perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, MG VS HEV ini hanya meraih 12,3 km/liter.

Tapi berbeda saat dibawa rute luar kota dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, ia mencatatkan hasil 17,5 km/liter.