Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tingkatkan Efisiensi BBM, Bisa Lirik Ban Ramah Lingkungan

Dimas Pradopo - Selasa, 18 November 2014 | 17:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Perkembangan ban motor saat ini terbilang pesat. Terutama berkat aplikasi teknologi yang selama ini dikenal di ban mobil, seperti radial dan terbaru, ban ramah lingkungan. Ban ramah lingkungan sendiri sudah dilepas oleh pabrikan FDR dan rencananya akan diikuti IRC akhir tahun ini.

Ban ini memiliki daya gulir lebih besar dari kompon standar sehingga diklaim mampu menambah efisiensi bahan bakar yang berdampak pada tingkat keramahan lingkungan yang lebih baik.

"Eco Smart Tire adalah teknologi baru yang diaplikasikan oleh FDR untuk menghasilkan ban yang dapat menghemat bahan bakar. Sehingga aplikasi tersebut kami rasa sejalan dengan isu yang berkaitan dengan lingkungan hidup saat ini," buka Herry Junaidi, Direktur Marketing PT SRI.


Saat ini ban ramah lingkungan FDR sudah tersedia dipasar untuk varian skutik lingkar 14 inci dengan motif kembangan Facio.Sementara IRC baru akan melepas produk sejenis akhir tahun nanti.

“Rencananya ban ramah lingkungan tersebut berjuluk IRC Enviro akan dilaunching akhir tahun ini,” buka Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban IRC .

Dirinya menambahkan jika ukuran ban yang dikeluarkan mengikuti standar motor underbone dan skuter, yakni 17 dan 14 inci.

“Sementara untuk model sport belum karena memang fokus ke motor yang kita yakin bisa lebih efisien dalam hal konsumsi BBM,” ujarnya.

Sebagai catatan, ban ramah lingkungan memang terbilang baru di motor. Tapi sebenarnya sudah lama beredar pada ban mobil. Kuncinya ban ramah lingkungan dirancang memiliki daya gulir lebih sedikit atau low rolling resistance. Sehingga konsumsi BBM makin irit. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa