Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Focus Diesel Dijual 2009

Editor - Senin, 13 Oktober 2008 | 14:41 WIB
No caption
No credit
No caption

Sedan bermesin diesel, memang masih sedikit peminatnya di Indonesia. Anggapannya, masa sih pakai sedan tapi ngantrinya bareng Metromini. Wagh itu sih pemikiran kuno. Diesel kini sudah sangat maju. Karena peminat yang masih jarang tersebut, beberapa ATPM yang memiliki sedan diesel enggan mendatangkannya.

Berbeda dengan Ford yang jelas-jelas berani mengeluarkan sedan dengan mesin ini. Tapi tahan dulu, karena menurut kabar dari seorang yang bisa dipercaya, Ford Focus bermesin diesel baru akan didatangkan Januari 2009. “Launching kemungkinan Februari. Satu bulan untuk persiapannya,” ungkapnya penuh arti.

Mengusung nama Ford Focus 2.0 TDCi Sport bertipe hatchback. Mesin diesel yang dibopong bukan kacangan. Berspesifikasi turbo direct common-rail injection, berkapasitas 2.000 cc. Karena sudah common-rail, berarti kualitas bahan bakar juga harus baik. Tak perlu pusing, karena sudah siap untuk menerima Pertamina-Dex, Shell atau Petronas Solar. “Tidak disarankan pakai solar biasa, karena akan menurunkan performa mesin,” serunya.

Tenaga yang dihasilkan tak bisa dianggap enteng. Bahkan dibandingkan dengan mesin bensin sekalipun. Lihat saja, besaran tenaganya 137,88 dk di putaran mesin 4.000 rpm. Lebih kecil memang dibanding yang bensin, 145 dk di 6.000 rpm. Namun bandingkan torsinya, pada mesin diesel 320 Nm pada kitiran mesin 2.000 rpm, bensin 185 Nm di 4.500 rpm. Artinya tak perlu injak gas dalam-dalam Ford Focus diesel sudah ngacir.

Puas dengan bocoran tenaga, kini intip pesaingnya. Kalau melihat dari mesin diesel, tentu belum ada pesaingnya. Coba ingat-ingat, ATPM mana yang ‘berjudi’ jual sedan diesel? Namun kalau melihat harganya, “Bersaing dengan Toyota Altis, Honda Civic atau Mazda3 Hatchback,” seru pria flamboyan ini.

Dikatakan harga mungkin sekitar Rp 274-275 juta. Mobil yang didatangkan dari Filipina ini tak ada versi transmisi otomatisnya, semuanya transmisi manual dengan 6 percepatan. Mengenai tampang, hanya sedikit ubahan dari tampang Ford Focus hatchback yang sudah beredar. Berbeda di lampu depan dan bemper yang semakin terlihat sport, sesuai namanya. Bumper depan memiliki air dam yang sangat besar.

Penulis: Toncil

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa