Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahukah Arti 5 Simbol Ini di Spidometer All New Chevrolet Trailblazer?

Fransiscus Rosano - Kamis, 30 Maret 2017 | 09:55 WIB

Jakarta - Mencoba All New Chevrolet Trailblazer, awalnya Otomotifnet dipusingkan dengan sangat banyak indikator yang berkedap-kedip di instrument cluster barunya.

Baik saat menyusuri jalan biasa, kemudian di medan dengan traksi rendah seperti pasir, selalu ada indikator yang tiba-tiba menyala di sekitar spidometernya. Nomor 1 dan 2 mungkin sudah umum di mata petrolhead, tapi bagaimana dengan 3, 4 dan 5?

Coba lihat baik-baik, tahukah anda arti lima simbol ini di spidometer All New Chevrolet Trailblazer?

1. Cruise Control

All New Chevrolet Trailblazer telah dilengkapi fitur Cruise Control, yang dapat menahan gas dalam angka kecepatan konstan yang telah ditentukan. Bila Cruise Control dinyalakan via tombol di setir ditekan, maka indikator ini akan menyala dengan warna putih.

Saat kecepatan sudah diset konstan, maka indikatornya akan berubah menjadi warna hijau.

2. Electronic Stability Control

Indikator yang satu ini biasanya berkedap-kedip ketika mobil menikung terlalu cepat atau saat melewati medan dengan traksi minimum seperti pasir atau tanah. Artinya, salah satu ban atau lebih mengalami kehilangan traksi saat indikatornya berkedip.

Bila Traction Control diaktifkan, tenaga mesin akan otomatis berkurang saat indikator ESC berkedip untuk kembali mendapatkan traksi dari ban yang bersangkutan.

3. Indikator Kendaraan di Depan

Karena All New Chevrolet Trailblazer memiliki fitur Forward Collision Alert (FCA), maka kamera di balik spion tengah tahu jika ada kendaraan di depannya untuk selalu mengantisipasi kapan akan ada kemungkinan tabrakan.

Indikator ini akan menyala waran hijau ketika terdeteksi kendaraan di depan, sedangkan akan berubah menjadi oranye ketika jaraknya dianggap terlalu dekat.

Perlu diingat, ini bukan indikator FCA, karena FCA akan memberi peringatan berupa alarm dan kedipan cahaya di atas dasbor, MID juga bunyi yang keras.

4. Lane Departure Warning

All New Chevrolet Trailblazer telah dlengkapi dengan fitur Lane Departure Warning yang dapat memberi peringatan ketika pengemudi keluar dari lajur yang sedang dilewatinya.

Indikator ini akan menyala ketika kendaraan berjalan 60 km/jam atau lebih di jalan dengan marka yang terdeteksi jelas oleh kamera di balik spion tengah. Jika terdeteksi pengemudi tiba-tiba melenceng dari lajurnya tanpa memberi lampu sein, indikator ini akan berkedip sambil memberi bunyi peringatan.

5. Tire Pressure Monitoring

All New Chevrolet Trailblazer juga dibekali dengan Tire Pressure Monitoring System atau alat pemantau tekanan ban individual. Meski telah disematkan status jelas tekanan per bannya di MID (Multi Information Display), namun bagian ini belum tentu diperhatikan setiap saat.

Nah, indikator pada spidometer ini akan menyala ketika terdeteksi satu atau lebih ban yang mengalami kekurangan tekanan, sehingga pengemudi tahu kapan waktunya untuk menambah angin bannya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa