Alarm All New Honda Scoopy dan PCX150 Ternyata Sama, Ini Cara Mengoperasikannya

Jumat, 12 Mei 2017 | 07:26 WIB

Jakarta - Salah satu fitur baru yang disematkan Honda pada All New Scoopy adalah alarm, yang tentunya menambah sisi keamanan motor dari kemungkinan dicuri. Fitur ini persis dengan yang dipakai di PCX 150 yang asal Vietnam. 

“Cara kerja dan frekuensinya memang sama dengan PCX 150 yang lampunya LED,” buka Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.  Lalu gimana cara menggunakannya?

Untuk mengaktifkan alarm kita tinggal pencet tombol SET, kemudian motor akan bunyi bip-bip dua kali bareng kedipan sein, kemudian diikuti suara bip sekali lagi yang mengindikasikan alarm sudah aktif.

Jika motor kena senggol, digoyang atau pindah tempat maka akan keluar bunyi lewat buzzer.

( BACA JUGA : Apa Rasanya Riding Naik All New Honda Scoopy Pakai Ban 12 Inci, Ini Jawabannya )

Remot bisa ditambah, bahkan pakai PCX 150 juga bisa

BUNYI ALARM ADA 2 JENIS

Bunyinya alarm ini ada dua jenis, pertama yang pendek. Kondisinya jika misal digoyang namun posisi motor tidak berubah, tetap tegak lurus atau tetap miring, maka akan bunyi selama 10 detik saja.  

“Beda jika motor berubah posisi, misal dari tegak pakai standar tengah jadi miring pakai standar samping, maka akan bunyi selama 60 detik,” papar Endro. 

Endro menambahkan, saat alarm bunyi panjang jika posisi motor dikembalikan ke posisi semula, maka alarm akan segera diam karena ada jeda sesaat tiap 10 detik. Atau tentu saja akan mati jika tombol UNSET ditekan untuk mematikan alarm.

Mengapa bisa begitu?

Menurut Endro karena kerjanya pakai G-sensor, yang membaca gerakan motor. G-sensor ini letaknya di dalam control unit yang jadi satu dengan radio frequency receiver atau yang biasa disebut receiver saja.

Sebagai catatan, jika alarm diaktifkan dan motor diam selama 10 hari, maka otomatis akan mati yang bertujuan agar aki tidak drop. Yang kedua, alarm ini tak berhubungan dengan sistem pengapian, jadi misal kunci bisa dibobol maling maka mesin motor tetap bisa dihidupkan. (Aant / Otomotifnet.com)

Biar enggak penasaran, tonton langsung video ulasannya :

Editor : Dimas Pradopo
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA