Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Targetkan Jadi Host MotoGP 2019, Proyek Sirkuit Palembang Jalan Terus

Joni Lono Mulia - Rabu, 3 Januari 2018 | 08:00 WIB
Denah sirkuit Jakabaring Palembang direncanakan bisa jadi host MotoGP 2019 nanti
kompas.com
Denah sirkuit Jakabaring Palembang direncanakan bisa jadi host MotoGP 2019 nanti


Otomotifnet.com - Fanatikan MotoGP di tanah air kemungkinan masih dapat sedikit lega untuk bisa menyaksikan ajang balap sepeda motor dunia itu di negara sendiri.

Hal itu sebagaimana bocoran dari desainer sirkuit balap terkemuka asal Jerman, Hermann Tilke, lewat situs resmi rumah desainnya, www.tilke.de.

Hermann Tilke menjelaskan bila sejauh ini proses pembangunan desain sudah sampai tahap analisis dan pengenalan medan serta lahan untuk pembangunan sirkuit.

Ya, apabila semua  berjalan lancar nggak menutup kemungkinan Indonesia bisa menjadi host MotoGP untuk musim 2019 nanti.

(BACA JUGA: Ini Dia 3 Motor Baru Siap Mengaspal Di Indonesia 2018 Ini)

Sejauh ini perkembangan untuk membangun sirkuit Palembang di kawasan Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan masih berjalan. "Saat ini dalam tahap penjajakan lokasi dan mempelajari kondisi lahannya."

"Pasalnya, lahan yang dijadikan sirkuit Palembang ini nantinya rawan banjir," ujar Hermann Tilke seperti dikutip dari paddock-gp.com.

Desain sirkuit Palembang ini tidak terhenti proses pembangunannya ternyata.

Terlebih lagi bila menengok situs resmi rumah desain Hermann Tilke yaitu www.tilke.de yang ternyata status  pembangunan sirkuit Palembang masih terus berlangsung alias on progress.

Alex Noerdin (kiri) Gubernur Sumatera Selatan bersama Carmelo Ezpeleta bertemu di GP Malaysia 2016 mengajukan Palembang jadi host MotoGP
motogp.com
Alex Noerdin (kiri) Gubernur Sumatera Selatan bersama Carmelo Ezpeleta bertemu di GP Malaysia 2016 mengajukan Palembang jadi host MotoGP

Pihak pemerintah provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, selaku penggagas pembangunan sirkuit Palembang juga terus berusaha dapat mendatangkan MotoGP ke Indonesia.

Bahkan, Alex Noerdin mengungkapkan optimismenya  sirkuit Palembang bisa segera dibangun dan ibukota provinsi Sumatera Selatan itu siap jadi host MotoGP 2019.

"Pembangunan sirkuit Palembang terus berlanjut dan sudah ada dua hingga tiga investor yang berminat membangun sirkuit Jakabaring ini."

"Januari 2018 ini akan ditetapkan pemenang investornya," ujar Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan dilansir sumselprov.go.id.

(BACA JUGA: Ternyata Ini Alasan Motor Jenis Sport Pakai Suspensi Monoshock)

Sirkuit Jakabaring di kota Palembang yang didesain arsitek sirkuit dunia, Hermann Tilke, ini total panjangnya 4,310 km dengan kombinasi 3 trek lurus (straightline).

Diperkirakan sirkuit Jakabaring Palembang ini untuk  catatan waktu satu lapnya minimal 1 menit 30 detik dan kecepatan rata-rata bisa tembus di kecepatan 172 km/jam.

Patut ditunggu siapa investor yang menggarap sirkuit Jakabaring ini sekaligus memastikan pembangunan sirkuit baru di Palembang itu benar-benar terwujud.

Semoga MotoGP benar-benar singgah di Indonesia tahun depan.

Editor : Joni Lono Mulia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa