Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki Ninja 150RR, Oprekan Khusus Fun Race dan Daily Use

billy - Minggu, 1 September 2013 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Di dunia fun race wilayah Jakarta, nama Dovi Racing Team cukup berkibar. Makanya enggak sedikit speed freaker yang percaya racikan mesin mekanik asal Wonogiri, Jawa Tengah ini.

Seperti Jayadi, yang mempercayakan Kawasaki Ninja 150RR miliknya ke Dovi. Padahal, pacuan ini hancur setelah tabrakan ketika dipakai oleh temannya.

Ketika proses reparasi, Jayadi ingin memadukan antara tampilan dan performa mesin motor menjadi ciamik. Enggak banyak cerita lagi, Ninja RR lansiran 2006 ini langsung ‘digarap’.

Targetnya, tak hanya kencang! Tetapi, fashionable juga tuh. Urusan mesin, mekanik berkulit hitam manis ini hanya main di ruang bakar, sistem pengkabutan bahan bakar, dan jalur buang.

“Sengaja ubahannya enggak dibikin extreme, karena motor ini juga dipakai riding harian,” sebut Dovi yang punya nama asli Widodo ini.

Bagian head silinder dipapas 1 mm. Lalu, lebar squish dibikin 6 mm. Sedangkan ubang squish sendiri dibikin 15 mm dan nat yang juga diubah menjadi 0,2 mm.


“Dengan ubahan ini, motor sudah bisa ngacir,” bilang Dovi yang bengkelnya berada di Jl. Utan Panjang 3 No. 8, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Agar performanya semakin mantap, sistem pengkabutan bahan bahan mengandalkan Keihin PWL 28 mm. Tetapi, karbu ini tak dibiarkan standar. Venturi karbu, direamer 2 mm lagi. Jadi, kini total diameter lubang venturi menjadi 30 mm. “Sebenarnya masih bisa dibesarkan lagi lubang venturinya, tetapi nanti nyetting agak sulit,” bilangnya.

Karburator yang direamer tadi, dikombinasikan lidah membran yang andalkan milik Boyesen. Nah, agar buka-tutup grip gas jadi lebih enteng, lidah membran tadi diganjal pelat tipis.

“Pelat tipis tadi menutupi setengah ukuran lidah membran. Bagian bawahnya dilubangi, lalu ditempel baut agar tidak lepas,” jelas Dovi.

Lubang exhaust di pacuan 2-tak, tak kalah penting fungsinya buat support seting. Tetapi, karena ubahan tak terlalu extreme, maka mekanik satu anak ini hanya menghaluskan permukaan kasar alias polish saja. “Iya, agar jalur gas buangnya bisa lebih plong,” tambahnya.

Lubang exhaust tadi, juga dikombinasikan knalpot milik HRP yang andalkan pelat besi setebal 0,8 mm. Dengan bahan knalpot yang seperti itu, Dovi yakin akan punya dampak performa dan suara knalpot makin mantap.

Apalagi knalpot tadi dicelup krom, sehingga tampilannya ciamik. Makin istimewa juga, seluruh rangka ikutan dilabur krom. Lalu, bodi belakang dicustom ulang dengan model single seater dari bahan fiberglass setebal 3 mm. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: FDR MP27 90/80-17
Ban belakang: Zeneos 120/90-17
Knalpot: HRP
Gir set: SSS
Dovi Racing Team: 0877-8156-0103

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa