Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diajak Main Kasar di Belitung, Konsumsi BBM Yamaha R25 Masih 18 km/liter

Dimas Pradopo - Sabtu, 30 Agustus 2014 | 16:55 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sebelumnya sudah dirilis artikel perjalanan hari pertama di media test ride Yamaha R25 di Pulau Belitung (29/8). Pada kesempatan itu, performa motor sport 2 silinder Yamaha ini digeber dengan kasar. Enggak berfikir soal eco riding agar efisien bahan bakar.

Rute yang disuguhkan didominasi jalanan mulus dengan tikungan panjang yang menantang membuat putaran mesin motor ini dipaksa sering berada di atas 8 ribuan rpm, tujuannya agar selalu siap jika sewaktu-waktu butuh akselerasi yang responsif. Sedang untuk santai sih, cukup di 5 sampai 7 ribuan rpm.

Dari spesifikasinya, terlihat jika R25 karakter over bore, punya bore x stroke 60 x 44,1 mm. Wajar jika motor ini lebih enak main di putaran atas.

Rata-rata kecepatan dalam perjalanan yang dilakoni rombongan ada pada kisaran 60 sampai 100 km/jam. Bahkan pada beberapa area kosong seperti di sekitar hutan sawit sengaja diajak berakselerasi hingga kecepatan lebih dari 160 km/jam. Pasti penasaran berapa konsumsi bahan bakarnya? Untung pada panel spidometer Yamaha R25 ada indikator average fuel consumption.


Untuk mencarinya tinggal pencet tombol menu di bagian samping kiri sebelah bawah takometer. Data ini akan ditampilkan secara digital dan posisinya di bawah spidometer, ada diantara odometer dan trip meter. Nah kalau sudah ketemu tinggal lihat saja, ada dua tampilan yang bisa dipilih liter per 100 km atau km per liter. Untuk motor yang dipakai OTOMOTIFNET.COM sudah diseting km/liter.

Hasilnya, dengan bahan bakar Pertamax, motor yang mengusung mesin 2 silinder segaris DOHC 8 klep dan sudah fuel injection dengan injektor 12 hole ini masih mampu mencapai 18,3 km/liter. Sedikit lebih boros dari hasil pengetesan harian kami di Jakarta yang saat itu mencatatkan konsumsi BBM 1:22,7. Lebih hemat karena berkendara dengan lebih halus dan santai layaknya perjalanan sehari-hari. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa