Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Fitur dan Desain Bebek Injeksi Entry Level

billy - Senin, 10 Februari 2014 | 11:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kehadiran Honda Revo FI membuat pilihan bebek kelas entry level berpasokan bensin injeksi semakin banyak. Sebelumnya sudah ada Suzuki Shooter 115Fi dan Yamaha Force. Harga ketiganya terbilang berdekatan, fitur yang ditawarkan pun mirip. Bingung memilihnya? Simak deh komparasi ketiganya.

Dalam komparasi ini, Revo FI dan Shooter dipilih tipe tertinggi, yaitu Revo FI CW dan Shooter SR 115Fi. Sedang Force pakai yang tipe sporty. Ketiganya kondisi standar, pinjaman dari masing-masing pabrikan.

Desain

Ketiganya mengarah ke desain sporti, dengan garis-garis bodi cukup tajam. Pilih yang mana? Kalau hal ini kembali ke selera. Yang pasti khusus Force terbilang berani bikin terobosan di luar desain, tuh contoh striping-nya terlihat mencolok dan atraktif, ditambah berani pakai warna bodi yang mencolok. Contoh bodi tengah yang biasanya hitam jadi biru.

No caption
No credit
No caption


Fitur dan Teknologi
Bicara fitur dan teknologi, cukup beragam yang ditawarkan ketiganya. Yuk kita awali dari rem, ketiganya aplikasi rem depan cakram dengan kaliper piston tunggal, sedang belakang rem teromol. Lanjut pelek, tipe tertinggi sama-sama pakai pelek racing palang 5 dengan ukuran ban sama, 70/90-17 dan 80/90-17.

Lengan ayun Shooter paling beda, hingga ujung tetap kotak, sedang Revo FI dan Force ujungnya pipih. Footstep pembonceng ketiganya model gantung, bedanya Force dari besi sedang 2 yang lain aluminium. Tapi Force persneling unik, ada pelindung kaki.

Bagaimana dengan bagasi? Force paling luas mencapai 9,2 liter, sedang pesaing cuma 7 liter. Lanjut tangki bensin, Revo FI 4 liter, Force 3,9 liter dan Shooter 3,7 liter.

No caption
No credit
No caption


Lanjut ke atas, spidometer ketiganya punya kelengkapan mirip dan tampilan analog. Berisi spidometer, fuelmeter, posisi gigi, netral, top, MIL dan odometer. Bedanya khusus Revo FI CW sein kiri dan kanan terpisah, yang lain jadi satu.

Masih di atas, tepatnya setang ada sedikit perbedaan. Revo FI dan Shooter pakai pemberat di ujung setang dari besi, sedang Force cuma plastik. Ke bawah sedikit, kunci kontak ketiganya sudah dilengkapi pengaman magnet.

Pindah ke mesin, ketiganya telah dibekali pasokan bensin injeksi hanya beda detail dan jumlah sensor. Khusus Revo FI tak punya sensor tekanan dan suhu udara di throttle body-nya. Sedang Shooter tak pakai sensor O2.

Teknologi rendah gesekan seperti roller rocker arm sudah dianut ketiganya. Pembeda adalah Force pakai forged piston, lalu Shooter pakai oli yang sangat sedikit, hanya 650 ml! Terakhir transmisi, Shooter dan Revo FI menganut tipe rotari, dari netral bisa langsung ke 4 demikian sebaliknya. Force belum menganut sistem rotari.



Harga
Besarnya dana yang dibutuhkan untuk menebus besutan ini tentu juga sangat pengaruh di kelas entry level. Mana yang paling terjangkau? Shooter SR 115Fi ternyata paling murah, dijual Rp 13,25 juta, selanjutnya Force Rp 13,35 juta dan paling tinggi Revo FI CW Rp 13,825 juta. Itu harga OTR Jakarta. (motor.otomotifnet.com)


Harga ketiganya terbilang berdekatan, fitur yang ditawarkan pun mirip
Spidometer sama lengkapnya, punya Revo FI unggul sein terpisah saja
Bagasi Force paling lega, muat paling banyak
Harga semua masih di bawah Rp 14 juta, Revo FI CW paling tinggi
Desain sama-sama sporti, tinggal sesuaikan dengan selera


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa