Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride KTM 1190 Adventure, Sensasi Dual Purpose Rp 450 Jutaan!

billy - Selasa, 17 September 2013 | 15:42 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kehadiran KTM 1190 Adventure cukup mengejutkan! Dengan segala fitur dan keunggulannya, harganya dilepas lebih bersahabat ketimbang sang kompetitor BMW R 1200GS yang dijual Rp 500 jutaan. Andalan KTM ini cuma dilego Rp 450 juta saja.

PT Moto KTM Indonesia (MKI) sang ATPM juga memasarkan tipe "R" yang dijual hanya lebih mahal Rp 10 juta dengan beragam pernik aksesoris yang membuatnya makin eksklusif. "Motor ini teknologinya canggih dan kita juara enam kali berturut-turut Dakar Rally menggunakan varian adventure ini,” ungkap R Kriesna Tirta, Direktur Pemasaran dan Promosi PT MKI penuh percaya diri.

Yuk kita cicipi..!!! Motor yang dicoba kali ini adalah tipe standar, ini saja sudah jempolan!

Desain dan Fitur
Bentuknya "Dakar Rally" banget ya! Jangkung agar mampu melibas semua jenis jalanan. Windshield-nya tinggi dan bisa diatur kemiringannya. Joknya juga begitu bisa diatur naik turun 15 mm.

Pada varian standar seperti yang kami coba ini belum ada boks bagasi, tapi tenang bracket-nya sudah ada. Bobotnya ringan, hanya 230 kg dengan kapasitas tangki 23 liter. Oiya lampu sein dan lampu rem sudah menggunakan tipe LED. Lebih terang tapi hemat energi.

Panel indikatornya full digital, dari panel yang tampangnya sederhana ini semua fitur canggih dapat dimonitor dari sini. Mulai dari Electronic WP Suspension, mengatur ABS hingga MTC (motorcycle traction control) dari Bosch, mode berkendara dan sensor tekanan ban. Semua kontrolnya bisa diatur lewat tombol model di setang sebelah kiri.

No caption
No credit
No caption


Handling dan Peforma
Duduk di atas motor ini memang sedikit repot, terlebih untuk riders dengan postur 165 cm. Tinggi bro.. Padahal jok sudah disetting paling rendah. Jarak tempat duduk ke tanah sekitar 890 mm. Awalnya kagok, tapi lama-lama dijamin enggan turun hahaa..!!!

Duduk di atas joknya nyaman banget. Posisi badan tegak dengan setang tinggi dan lebar yang membuat postur tubuh selalu waspada. Suspensinya juga nyaman, empuk tapi tetap tenang saat menikung kencang.

Uniknya, ABS khusus roda belakang bisa dimatikan. Fungsinya memungkinkan untuk melakukan sliding bagian penyuka riding ekstreem di tanah. Tapi traction control dan ABS rem depan tetap aktif, menjaga stabilitas saat berkendara.

No caption
No credit
No caption


Untuk performa mesinnya, motor ini dilengkapi dengan mesin 1190 cc, mesinnya serupa yang dipakai moge sport KTM RC8, mesin V 75 derajat dua silinder, liquid-cooled, dengan pengapian busi ganda (twin plug ignition), fuel injection dan engine management terbaru keluaran Keihin. Mengusung drive-by-wire dan anti-hopping clutch.

Jantung mekanis berkubikasi 1190 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 150 PS dengan torsi maksimum 125 Nm. Tenang, jangan takut bro..!!! Meski gahar, KTM menyediakan empat pilihan mode riding dari Sport, Street, Rain dan Off Road.



Pada pilihan Rain dan Offroad power dibatasi hanya 100 hp saja. Sedang di mode Off Road, roda akan dijaga penuh oleh MTC (motorcycle traction control) agar tidak terjadi spin.

Pilih mode mana ya? Street saja lah untuk sesi pemotretan ini. Saat digeber di jalan lurus, seperti mengeber motor sportbike, jambakannya mantab. Perpindahan giginya juga dirasa halus. Cocok nih untuk turing luar kota dan keliling indonesia dirasa motor ini sangat memumpuni..!!! (motor.otomotifnet.com)

Specification:
Displacement: 1195 cc
Engine type: Twin, four-stroke
Power: 147.51 HP (107.7 kW))Bore x stroke: 105.0 x 69.0 mm (4.1 x 2.7 inches)
Fuel system: Injection
Ignition: Contactless, controlled, fully electronic ignition system with digital ignition timing adjustment
Lubrication system: Forced oil lubrication with 3 rotor pumps
Cooling system: Liquid
Gearbox:    6-speed
Clutch: PASC anti-hopping clutch/ hydraulically operated
Frame type: Tubular space frame made from chrome molybdenum steel, powder-coated
Rake (fork angle): 26.0°
Front suspension: WP Suspension Up Side Down
Rear suspension: WP Suspension monoshock
Front brakes: Double disc. Four-piston calipers. Radially mounted.
Front brakes diameter: 320 mm
Rear brakes: Single disc. Two-piston calipers.
Rear brakes diameter: 267 mm
Dry weight: 217.0 kg
Power/weight ratio: 0.6798 HP/kg
Seat height: 890 mm, If adjustable, lowest setting.
Ground clearance: 250 mm
Wheelbase: 1.580 mm
Fuel capacity: 23 liter


Riding gear: Alpinestars-ProRiders 021-57931965

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa