Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihin Sensor O2 Honda Vario 125, Cegah Loyo dan Mogok

Otomotifnet - Senin, 15 Juni 2015 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption

Agar bisa melepas sensor O2 dengan mudah, seluruh bodi belakang dan behel harus ditanggalkan. Tentu lepas semua
baut yang mengikatnya pakai obeng plus dan kunci sok

Jakarta
- Seiring pemakaian, lamakelamaan tumpukan kerak di ruang bakar dan sekitarnya semakin banyak, apalagi jika pakai bensin beroktan rendah dan jarang digeber di rpm tinggi. Efeknya bikin lemot dan boros, bahkan di Honda Vario 125 bisa bikin mogok. Waduh!

“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O2 di lubang buang juga bisa ikut kotor, kalau terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,” terang Safrudin, kepala mekanik bengkel AHASS Clara Motor, Kebon Jeruk, Jakbar.

“Kalau sensor O2 terlalu kotor, pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya berat,” papar Endro Sutarno, instruktur di Astra Honda Training Center.

Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O2, karena tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold-nya. Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,” lanjut Udin, sapaan Safrudin.

 Pria ramah ini melanjutkan, pembersihan cukup pakai sikat kawat dan ditiup angin. Dan yang harus diingat, jangan sampai jatuh ya! Karena bisa rusak dan harganya lumayan mahal, sekitar Rp 305 ribu. Oh iya, alat yang dibutuhkan yaitu obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10, 12 dan 17. Simak urutannya! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Setelah itu lihat sensor O2 yang ada di sisi kiri cylinder head. Nah pertama lepas kabelnya, dengan memutar sedikit dan tarik

No caption
No credit
No caption

Lanjut ambil kunci sok 17 berikut pegangannya,untuk melepas sensor

No caption
No credit
No caption

O2 Ini dia sensornya, jika kondisinya kotor maka wajib dibersihkan. Cukup pakai sikat kawat ya

No caption
No credit
No caption

Nah sekarang sudah bersih kan, tinggalpasang lagi deh dengan langkah kebalikan pemasangan. Beres!

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa