Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Oil Cooler di Kawasaki Pulsar 200NS, Lebih Ademmm....!!!

Otomotifnet - Senin, 27 April 2015 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu resiko mesin berasio kompresi tinggi, seperti Kawasaki Pulsar 200NS yang mencapai 11:1, adalah timbulnya panas berlebih. Kendati sudah didinginkan radiator, kadang tetap demam makanya kinerja extra fan pun mesti prima. Apalagi yang mesinnya sudah dioprek.

Melihat gejala tunggangannya demikian, Hardian Hakim, salah satu pemakai Pulsar yang doyan ngoprek, berinisiatif meningkatkan kinerja pendinginan. Bukan ganti coolant atau pasang radiator besar, tapi malah pasang oil cooler (gbr.1).

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


“Bantu pendinginan dari olinya, sangat terasa sekarang kipas lebih jarang menyala tuh, lebih adem deh!” terang pria yang biasa disapa Akim atau Andi ini.  Wah susah enggak tuh pasangnya?

“Gampang kok, cuma sedikit modifikasi jalur di tutup filter olinya (gbr.2),” lanjut anggota Naked Wolves Indonesia (NWI), kumpulan pemakai Pulsar 200NS.

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Menurut Akim, langkah pertama tentu cari oil cooler aftermarket lengkap dengan selang dan nipelnya (gbr.3). Harga kisaran Rp 450 ribu. Berikutnya bikin dudukan oil cooler pakai besi bulat, pemasangan bisa ikut pegangan radiator bagian bawah (gbr.4).

Kemudian bikin pengganti tutup filter oli di tukang bubut, sekaligus bikin by pass jalur oli. “Tadinya langsung menuju filter, kini dilewatkan dahulu ke oil cooler,” lanjut pria yang tinggal di Cilandak, Jakarta Selatan ini.

Dan kalau enggak mau pusing, Akim saat ini sedang memproduksi pengganti tutup filter tersebut (gbr.5). Jadi kalau mau pasang oli cooler tinggal plug and play saja. Dan setelah terpasang jangan lupa tambahkan oli sekitar 200 ml, jadi dari 1,2 jadi 1,4 liter. Dingin... • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa