Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Rekluse di Kopling Manual, Tak Lagi Perlu Remas Kopling!

Otomotifnet - Senin, 23 Maret 2015 | 13:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Rekluse itu bukan nama alat, namun nama brand yang memproduksi sebuah alat tambahan yang dipasang pada motor trail. Dengan memasang alat khusus tersebut, maka kopling manual pada motor trail diubah menjadi otomatis.

Jadi saat hendak start, enggak perlu tarik kopling kemudian masukkan gigi dan lepas kopling seiring dengan membuka grip gas. Saat melakukan oper gigi, juga enggak perlu lagi meremas handle kopling.

No caption
No credit
No caption

Saat ini sudah tersedia untuk trail Husqvarna, KTM, Suzuki RMZ dan beberapa motor Enduro lain. Bicara banderol cukup lumayan bro, Rp 6 juta.

“Perangkat ini terpasang di kopling manual, syaratnya kita lepas satu buah plat dan kampas kopling,” kata Hadax Amin, mekanik Pro Tuner di Jl. Sunset Road Denpasar, Bali yang kebetulan sudah memasang part ini di Husqvarna FE250.

Komponen ini terdiri dari beberapa bagian, ada plat penekan, per diafragma dan sentrifugal (gbr. 1), serta stut penghubung selang rem di sisi kiri yang bisa digunakan untuk menyetel sistem ini. Untuk memasanganya harus lepaskan terlebih dahulu bak koplingnya setelah terlebih dahulu menguras oli mesin. Setelah itu lepaskan baut pengunci kopling manualnya.

No caption
No credit
No caption


“Lanjutkan dengan melepas plat penekan kopling standarnya dan juga plat dan kampas kopling masing-masing satu buah” terang Amin yang asal Malang ini.

Setelah itu silahkan pasang perangkat sentrifugalnya terlebih dahulu (gbr. 2). “Selanjutnya tinggal pasang plat penekan dan kunci ke enam bautnya (gbr. 3). Kalau semuanya sudah terpasang, jangan lupa kembalikan bak kopling pada posisi semula, kencangkan bautnya dan isi oli” lanjut pria beranak satu ini.



Pas OTOMOTIF mencoba, masuk gigi 1 tanpa menekan kopling tidak ada entakan, selanjutnya ketika gas dibuka langsung jalan. Oper gigi juga terasa halus, meski tanpa meremas handle kopling. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa