Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Laher Roda Kawasaki Versys, Pake Punya Honda BeAT Aja!

Dimas Pradopo - Kamis, 29 Januari 2015 | 09:20 WIB
Dok. OTOMOTIF

Jakarta - Pusing tujuh keliling dialami Yori, pembesut Kawasaki Versys lansiran 2013 ketika  laher roda belakang jebol alias rusak.
 
Itu terjadi saat melakukan turing dari Jakarta ke Medan, Sumatera Utara. “Yang bikin panik sebenarnya bukan soal harga yang mungkin mahal atau murah.

Tapi soal cari spare part-nya cukup susah. Tahu sendiri bro, di Jakarta saja dealer Kawasaki agak jarang, apalagi di daerah Sibolga, Medan saat kejadian tersebut menimpa saya,” papar warga Pasar Minggu, Jaksel ini.

Beruntung pebengkel yang disambangi Yori menemukan laher yang dimaksud. “Tapi belinya bukan dari delaer resmi Kawasaki karena tidak ada stok. Bengkel tersebut cari persamaan kode lahernya. Ternyata laher roda Versys yang kodenya 6204 sama persis dengan laher puli belakang Honda BeAT FI,” ungkapnya.

Tommy Bramudia, empunya Ngayun Speed Racing (NSR) mengamini hal tersebut. “Hal ini juga terjadi pada saya dan beberapa teman LWO (group turing) saat turing ke Aceh. Intinya cari persamaan kodenya. Mau merek apapun, baik NTN, FAG, SKF maupun Koyo kalau kodenya sama, pasti bisa dipasang.

Tapi usahakan yang ada pelindung debunya, karena posisinya di roda dan rawan kotor. Saya jual yang dilengkapi pelindung debu Rp 85 ribu/pieces. Tapi kalau urgent, bisa pakai yang tanpa pelindung debu dengan harga kisaran Rp 35 ribuan,” bebernya.

Pebengkel di Jl. Kelapa Dua Raya, Kelapa Dua, Jakbar ini menambahkan bahwa hal ini sering terjadi lantaran jam terbang tunggangan cukup tinggi serta sering melibas medan berat alias rusak.

“Saran saya, kalau tunggangan sering diajak turing maupun adventure sebaiknya setelah menempuh jarak 10.000 km, laher roda belakangnya dicek maupun ganti,” wanti pebengkel yang didampingi 3 personil. •(otomotifnet.com)

 
Wajib diperhatikan, kode yang tertera pada laher roda Versys yakni 6204. Sama persis dengan laher puli belakang Honda BeAT FI. Jadi bisa saling tukar atau subtitusi


Kalau diukur pakai sikmat, diameter luar laher 4,7 cm


Sedangkan diameter dalamnya 1,9 cm


Di pasaran ada dua model, yakni ada yang disertai pelindung debu dan tidak. Usahakan beli yang dilengkapi pelindung debu

 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa